Pemkab Barsel Laksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Cegah Stunting

0
1067

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                          Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023, Pemkab Basel melalui Dinas Kesehatan Barsel melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Cegah Stunting di halaman Kantor Bupati Barsel, Kamis 16 November 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dan Ketua Tim Penggerak PKK Barsel Nyonya Hj. Erna Deddy Winarwan dan sejumlah pejabat lainnya. Hadir pula anak-anak dari SMA sederajat dan SMP sederajat.

Kegiatan tersebut dirangkaian dengan pemberian makanan bergizi bagi anak-anak pelajar yang hadir pada saat itu, dilanjutkan dengan senam bersama ibu Ketua TP PKK Barsel.

Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan saat menyampaikan sambutan mengatakan, sejalan dengan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 Kementerian Kesehatan bermaksud mengadakan gerakan nasional aksi bergizi cegah stunting melalui kampanye aksi bergizi.

Kegiatan ini melibatkan lintas sektoral di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah khususnya remaja sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi sekolah secara keseluruhan untuk ikut melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja mencegah anemia pada remaja putri. Sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

“Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut. Masih tingginya kasus anemia erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah khususnya pada remaja putri. Itulah sehingga kegiatan ini dilaksanakan pada siswa-siswi sekolah tingkat pertama dan Sekolah Menengah Atas yang kemungkinan akan memasuki usia pranikah. Jika seorang remaja putri pranikah menderita anemia maka anak yang dilahirkan berisiko tinggi stunting”, ujar Pj. Bupati.

Dikatakan H. Deddy, pada kesempatan ini saya mengajak seluruh siswa dan siswi yang hadir pada saat ini untuk selalu bersemangat dalam belajar dan turut berperan dalam meningkatkan derajat untuk menggapai masa depan yang lebih baik sesuai dengan transformasi kesehatan menuju Indonesia maju.

“Angka stunting di Barito Selatan masih tergolong tinggi jika sebelumnya menempati peringkat 2 tertinggi angka stunting di Kalteng maka sekarang turun menjadi peringkat 7. Kita bersyukur angka stunting telah turun, dan kita terus berupaya menurunkan angka stunting”, tutupnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Barsel Daryamosukiastomo mengatakan, kegiatan gerakan nasional aksi bergizi cegah stunting ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ke-59 yang jatuh pada tanggal 12 November 2023. Selanjutnya melalui kegiatan gerakan nasional aksi bergizi cegah stunting sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

Peserta dari kegiatan ini ikuti oleh perwakilan siswa siswi dari 12 SLTP dan SLTA yang ada di kota Buntok, serta juga dilaksanakan oleh 12 UPT puskesmas se Barito Selatan serentak pada bulan November tahun 2023 ini.

Ditambahkan dr. Yumi, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan senam bersama siswa dan siswi SMP dan SMA sederajat sarapan bersama dan edukasi kesehatan serta minum tablet tambah darah untuk para siswi secara bersama-sama. (Tim TM Barsel /Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000).

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakGuru PAUD Diberi Pelatihan Teknologi dan Informasi
Artikulli tjetërPj. Bupati Barsel Serahkan Motor dan Senam Bersama di Kodim 1012 Buntok

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini