Mahasiswa UMM Malang Sosialisasikan Pembuatan Pupuk Organik Di Jatirejo Ini Yang Terjadi….!!!

0
214

Kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk organik bagi warga Desa Jatirejo oleh Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Malang.

Malang, www.tabloidmilitan.com.                          Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melaksanakan pembukaan dan sosialisasi kegiatan pembuatan pupuk organik dari sampah sayuran atau buah. Kegiatan ini dilakukan bersama masyarakat Jatirejo, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2023 lalu, bertempat dirumah warga desa.

Pada hari pertama kegiatan tersebut, warga Desa Jatirejo menyatakan bahwa mereka merasa terbantu dengan adanya sosialisasi dan pelatihan terkait pengelolaan sampah organik. Salah seorang warga yang juga Ibu PKK di desa tersebut, menyampaikan bahwa sosialisasi yang diadakan merupakan upaya untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia terhadap lingkungan.

“Kalau pupuk kimia lebih bisa merusak tanah, sementara pupuk organik bisa menggemburkan tanah, sehingga tanah tetap subur,” ujar Ibu Pipit selaku peserta sekaligus juga ibu penggerak PKK saat diwawancarai oleh Farhan, mahasiswa UMM.

Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa meskipun metode pengelolaan sampah organik belum dipraktikkan, ia tetap optimis karena kini memahami bahan dan cara pengelolaan sampah organik setelah mengikuti kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa dari UMM tersebut.

“Sebelum mendapatkan sosialisasi ini, saya hanya memperoleh informasi melalui media sosial. Insyaallah ya, tapi karena belum mencoba, kami belum tahu hasilnya. Mungkin nanti kalau ada bahannya karena harus menunggu yang paling bagus,” jelasnya.

Selanjutnya, Ibu Adelia yang juga peserta kegiatan tersebut menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh dari sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah organik akan disampaikan kepada warga setempat. Ia menegaskan bahwa sesi uji coba telah berhasil dilakukan oleh dirinya.

“Kalau saya sudah mencobanya dan berhasil, saya akan menularkan kepada ibu-ibu yang lain,” ungkap Ibu Adelia.

Pengadaan sosialisasi dan pelatihan pupuk organik terbukti memberikan manfaat lebih bagi warga, termasuk pemanfaatan sampah organik saat diadakan kerja bakti oleh warga.

“Kami sebagai warga sangat berterimakasih pada para mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Malang atas diselenggarakannya kegiatan tersebut, karena sangat bermanfaat bagi kami semua warga di Desa Jatirejo,” pungkas Ibu Pipit. ( Koresponden Crissa Febbyola Gradia Ranie Sy / Tim TM/ Rabudiannoor SY. Ikat).

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakSosialisasi Ketenagakerjaan Salah Satu Upaya Menambah Wawasan Pengetahuan
Artikulli tjetërDLH Barsel Rencanakan Konsep Bebas Sampah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini