507 Hektar Lahan Persawahan Desa Damparan Terendam Banjir dan Terancam Gagal Panen, Petani Meratap, Berharap ini …???

2
339

Barsel /// tabloidmilitan.com
Musibah banjir yang melanda 11 Kabupaten/Kotamadya di Provinsi Kalimantan Tengah, ternyata juga terjadi di Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan, merendam ratusan hektar areal persawahan masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Masyuhan, Ketua BPD Damparan yang kesehariannya juga berprofesi sebagai petani, kepada awak media tabloidmilitan.com, bahwa kurang lebih 507 hektar areal persawahan masyarakat Desa Damparan terendam banjir dan terancam gagal panen, Rabu (15/09/2021).

“Musim sekarang sulit di prediksi, hal ini sangat menyulitkan para petani, terutama menentukan masa mulai melakukan penamanan hingga waktu panen, contohnya saat ini yang mana harusnya pada bulan April hingga Oktober, padi para petani aman dari banjir, tapi kali ini malah terendam banjir dan terancam gagal panen bilamana air tidak kunjung surut,” ungkap Mang Jhon sapaan akrab Ketua BPD Damparan meratapi.

“Memang kita tidak bisa melawan kekuatan alam, namun begitu kami berharap dengan pihak-pihak terkait, terutama DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan) Kabupaten Barito Selatan dan atau instansi lainnya, untuk bisa memikirkan atau mencari solusi yang tepat atas musibah banjir yang melanda areal pertanian terutama di Desa Damparan ini, agar kedepannya petani bisa bercocok tanam padi tanpa perasaan was-was terendam banjir,” katanya melanjutkan seraya mewakili harapan para petani Desa Damparan.

Dia juga melanjutkan, menurut PPLD, dengan adanya musibah banjir yang merendam areal persawahan masyarakat, kalau memang memungkinkan untuk diasuransikan.

“Semoga saja, banjir ini cepat surut dan padi-padi tersebut bisa kembali tumbuh lanjut memutik, hingga bisa di panen sebagaimana harapan masyarakat, lebih-lebih pada saat pandemi ini, hanya berhasil panen padilah menjadi tumpuan penghidupan bagi para petani,” pungkasnya seraya di iyakan para petani lainnya. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Rediansyah Sy. Ikat)

2 KOMENTAR

  1. Semoga musibah ini dapat di segera di atasi dan menemukan solusi untuk kedepannya bagi rakyat kecil.

  2. Semoga musibah ini cepat berakhir dan ada perhatian pemerintah ke depannya 👍👍👍👍

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here