Hadiri Rapat Paripurna DPRD Barsel, Bupati Nyatakan Pembangunan Sudah Sesuai Program

0
364

Buntok, www.tabloidmilitan.com
Pada rapat paripurna ke-3 DPRD Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimanatan Tengah, masa persidangan I tahun sidang 2022 dengan agenda menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir Tahun Anggaran (TA) 2021, di Gedung Graha Paripurna, Kamis (31/3/2022), Bupati H. Eddy Raya Samsuri menyatakan bahwa pencapaian program pembangunan di tahun anggaran 2021 lalu sudah sesuai dengan target kerja yang tertuang dalam perjanjian kerja.

Dimana, menurutnya pencapaian program pembangunan tersebut di berbagai bidang, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan dan tentunya infrastruktur, juga bidang-bidang lainnya.

Dalam laporan terlulisnya, bahwa pendapatan daerah pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp. 12,68 Miliar atau 1,38% dari target APBD murni sebesar Rp. 985,49 Miliar sehingga menjadi Rp. 999,17 Miliar.

Dari target Pendapatan pada Perubahan APBD tersebut, capaian Realisasi Pendapatan Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 999,17 Milyar atau 1,38 % berasal dari PAD (Pendapatan Asli Daerah), pendapatan transfer dan pendapatan lain-lain yang sah.

Demikian pula dengan Belanja Daerah pada perubahan APBD tahun anggaran yang sama yakni tahun 2021, mengalami penurunan sejumlah Rp. 45,41 milyar atau setara 0,04% dari target pada APBD murni, sehingga menjadi Rp. 969,78 milyar.

Adapun belanja daerah tersebut terdiri dari belanja operasional, belanja modal dan belanja tak terduga.

Sementara pada perhitungan penerimaan dan pengeluaran pembiayaan daerah, terdapat Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) sebesar Rp. 29,39 milyar dan disisi yang lain Pembiayaan Netto juga mengalami positif sebesar Rp. 42,52 milyar, maka Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun 2021 adalah sebesar Rp. 71,91 milyar.

“Terkait capaian Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang telah kami sampaikan, merupakan laporan global dan bersifat sementara, sedangkan untuk hasil final dan rinci angka capaian realisasi berdasarkan audit BPK RI, yang mana akan disampaikan nanti pada saat Raperda Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan,” tutup Bupati dalam sambutan tertulisnya. (Tim TM Barsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here