Momentum HUT Kemerdekaan RI Ke 77, Pemdes Damparan Adakan Pawai Kemerdekaan Untuk Memupuk Rasa Kebangsaan

0
588

Buntok, www.tabloidmilitan.com
Momentun HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan RI (Republik Indonesia yang ke 77, Pemdes (Pemerintah Desa) Damparan Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan pawai kemerdekaan keliling desa yang diikuti oleh hampir seluruh perwakilan unsur kemasyarakatan desa tersebut, seperti Pemdes, SDN 1, SDN 2, SMPN 1, MTSN, MA. Ibtidaiyah, Pesantren, TK-TPA, RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat umum Damparan, Kamis (18/08/2022) sore.

Kepala Desa Damparan, Samsudin didampingi Kaur Umum Desa, Ramadhan, seusai kegiatan kepada awak media ini menjelaskan kalau kegiatan tersebut dilaksanakan demi menumbuhkan dan atau memupuk kembali rasa berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan pawai kemerdekaan ini kami inisiasi untuk menumbuhkan dan memupuk kembali rasa berbangsa, bernegara dan cinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada masyarakat Desa Damparan, terutama bagi para generasi muda,” ungkap Samsudin semangat.

Dia jua menambahkan, terlebih saat ini pengaruh budaya luar melalui media elektronik tidak dapat dibendung-bendung, lantaran hal itu pihaknya Pemerintah Desa Damparan merasa perlu mengadakan pawai kemerdekaan tersebut.

Disisi lain dia juga menjelaskan, kalau kegiatan pawai kemerdekaan itu dilaksanakan, selain untuk menumbuhkan dan memupuk rasa berbangsa dan bernegara, bertanah air serta tumpah darah Indonesia, mengenang dan menghormati para pejuang dahulu, juga menunjukan semangat bangkit dari dampak pandemi Covid19 yang melanda selama ini.

“Kalau dahulu para pejuang merebut kemerdekaan ini dengan darah dan air mata, saat ini kita harus bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid19 selama dua tahun lebih ini,” timpali Samsudin.

Sebagaimana tema HUT kemerdekaan RI tahun 2022 ini, lanjutnya ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’.

“Ya, sebagaimana tema kemerdekaan tersebut, kami berharap Indonesia bisa pulih kembali, ekonomi masyarakat bisa lebih stabil. Namun begitu kami tetap mengingatkan masyarakat kami (Damparan), meskipun pandemi Covid19 sudah mulai melandai, namun jangan abai dengan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan, tetap prokes dan patuhi anjuran pemerintah,” pungkasnya. (Tim TM Barsel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here