Tujuh Inovasi Disdukcapil Barsel

0
1062

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                                Setidaknya ada tujuh inovasi yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Barsel. Demikian diungkapkan Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Barsel Noor Hidayat SE MAP.

Kejutuh inovasi itu adalah pertama jemput bola perekaman KTP-el dengan sepenuh hati (jebol peti). Sudah dilaksanakan lebih kurang dua tahun. Layanan jemput bola ke desa-desa, sekolah, rumah warga yang sedikit, lansia, distabilitas dan OGDJ, dalam rangka percepatan perekan KTP el dan pemenuhan hak seluruh penduduk atas identitas kependudukan.

Kedua, fasilitasi sidang itsbat keliling (si sibat keling). Sudah dilaksanakan 2 tahun. Fasilitasi sidang itsbat nikah keliling bagi pasangan muslim, kerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kemenag Barsel.

Ketiga, layanan dokumen 3 in 1. Sudah dilaksanakan mulai tahun 2022. Mengurus akta kelahiran dapat 3 dokumen yaitu KK perubahan dengan penbahan anak, akta kelahiran anak dan KIA.

Keempat, layanan dokumen 6 in 1. Sudah dilaksanakan mulai tahun 2022. Mengurus akta perkawinan dapat 6 dokumen yaitu KK perubahan orang tua suami, KK perubahan orang tua istri, KK baru suami istri, akta perkawinan dan KTP el.

“Kelima, selesai nikah dokumen komplit dan valit (seni kulit dan tali). Akan dilaksanakan akhir tahun 2023. Inovasi Disdukcapil dalam mewujudkan layanan terintegrasi dengan KUA se Barsel untuk memberikan kemudahan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke Dukcapil kepada calon pengantin yang mendaftar di KUA”, ujar Noor Hidayat di ruang kerjanya, Kamis (3/8).

Ditambahkannya, keenam pencatatan sipil masal. Sudah berjalan tahun 2023. Layanan pencatatan perkawinan bagi pasangan non muslim. Kerjasama Dukcapil dengan PN Buntok untuk melakukan sidang perkawinan sekaligus pencatatan perkawanan secara keliling/di tempat. Ketujuh, sistem informasi Dukcapil untuk semua (si duta). Dilaksanakan tahun 2023. Pelayanan online pengurusan dokumen adminduk dengan menggunakan aplikasi berbasis web dan android. (Tim TM Barse l/Saprudin / Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakDPRD Gelar Rapat Banmus
Artikulli tjetërEmpat Orang Paskibraka Barsel ke Provinsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini