Walaupun Tertinggal, Masyarakat Hulu Tampang Tetap Antusias Ikut Vaksin

0
366

Barsel /// tabloidmilitan.com
Masyarakat Desa Hulu Tampang Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah, sangat antusias tak terkecuali berbondong-bondong mendatangi tempat dilaksanakannya vaksin tahap 1 di aula kantor Desa Hulu Tampang, Kamis (10/10/2021).

“Kami sangat senang dengan adanya vaksin yang dilakukan oleh vaksinator tenaga kesehatan Puskesmas Bantai Bambure ini, walaupun pelaksanaan vaksin ini agak terlambat dari desa lain se-Kecamatan Dusun Utara, dan kami tidak mengetahui secara pasti apa penyebabnya,” ujar Antang, nama panggilan civitas Lsm Senator 2000 Perwakilan Desa Hulu Tampang kepada awak media ini.

Berdasarkan hasil keterangan salah satu Aparatur Desa Hulu Tampang kepada awak media ini di lokasi kegiatan vaksinasi, sebelumnya dari 10 RT (Rukun Tetangga) Desa Hulu Tampang, ada sebanyak 384 warga yang mendaftar untuk di vaksinasi Tahap 1, namun pada saat pelaksanaan kurang lebih 104 orang berhalangan hadir dan 12 orang lagi tidak bisa dilakukan vaksinasi.

Saat diminta keterangan terkaitan kegiatan tersebut, Neki, A.Md.Kep kepala Puskesmas Bantai Bambure, menjelaskan, ” Ada sebanyak 268 warga Desa Hulu Tampang sudah dilakukan vaksinasi tahap 1, sementara ada 12 orang lagi di tunda vaksinasinya lantaran dalam kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi.”

“Walaupun sebenarnya kami sudah menyiapkan bahan untuk 384 orang, sehingga bahan yang terpakai hanya sebanyak vaksin cinovac 134 vial, squit 0.5 sebanyak 270 buah dan alkohol swab 275, serta 2 unit safety box untuk umum yang terdiri dari Aparatur Desa, Kader Posyandu, Tenaga Pengajar, Lansia dan Tenaga Pengajar,” jelas Neki lagi.

“Sementara untuk pelajar atau remaja di bawah usia 18 tahun, menghabiskan bahan sebanyak vaksin cinovac 15 vial, squit 0.5 sebanyak 30 buah, alkohol swab 30 buah dan 1 unit safety box,” jelasnya lagi menambahkan.

Neki juga menjelaskan penyebab keterlambatan dilakukannya vaksinasi tahap 1 di Desa Hulu Tampang, lantaran ketersediaan vaksin yang terbatas dan menunggu suplay dari pihak kabupaten.

“Dengan adanya vaksinasi tahap 1 ini, Saya berharap pandemi ini bisa cepat berakhir, namun begitu Saya tetap menghimbau warga Desa Hulu Tampang tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah di vaksin, agar mata rantai virus covid-19 ini bisa lenyap,” kata Waldi Kepala Desa Hulu Tampang setelah dilakukan vaksinasi dan sekaligus memantau kegiatan vaksinasi tersebut. (Tim TM-SIK/Rabudiannoor Sy. Ikat/Chandra I. Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here