BPBD Barsel Siap Siaga Bencana, Sesuai Instruksi Pj. Bupati

0
526

Buntok, www.tabloidmilitan.com

Dalam menghadapi cuaca ekstrim seperti sekarang ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel harus selalu stanbay dalam upaya pelayanan bantuan kepada masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang sama sekali tidak diharapkan.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Barsel Alip Suraya, SP, MM kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Jumat 4 Nopember 2022. Saat cuaca ekstrim seperti sekarang ini, maka diharapkan agar masyarakat waspada terhadap bencana, seperti banjir, hujan lebat, angin puting beliung dan juga tanah longsor, meski pun di Kabupaten Barsel masih tergolong aman.

“Sesuai dengan instuksi ibu Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana, bahwa saat ini Barsel siap siaga bencana, seperti banjir, hujan lebat, angin puting beliung dan juga tanah longsor. Oleh karena itu BPBD Barsel siaga 24 jam, jika sewaktu-waktu terjadi bencana, terlebih menghadapi cuaca ekstrim saat ini,” ujarnya

Ia juga menambahkan, menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan segera memberikan informasi jika terjadi bencana. Seperti beberapa waktu lalu terjadi banjir di Desa Patas dan sekitarnya, maka BPBD Barsel segera memberikan bantuan evakuasi dan juga dapur umum di Desa Patas I, bagi masyarakat yang menjadi korban, dengan menyiapkan makanan siap saji. Selain itu juga pelayanan kesehatan.

Alip menuturkan, dalam pelayanan penanggulangan bencana selalu didukung oleh TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan juga Dinas Sosial, serta pihak-pihak terkait lainnya.

“BPBD sendiri sifatnya koordinasi dan komando dalam penanganan bencana kepada masyarakat agar selalu waspada, dan segera memberikan informasi jika terjadi bencana. BPBD Barsel akan selalu siap memberikan bantuan. Bantuan sarana dan prasarana kita siapkan. Serta bantuan logistik juga dalam keadaan cukup tersedia. Hal ini sesuai dengan instruksi Pj Bupati Barsel, agar selalu siap siaga bencana. TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan pihak terkait siap merapatkan barisan guna penanggulangan bencana,” pungkasnya.

Sementara salah seorang Warga Buntok Tuty menuturkan bahwa saat cuara tidak menentu bahkan cendrung ekstrim sekarang ini harus selalu hati-hati dengan meningkatkan kewaspadaan. Hampir setiap hari terjadi hujan disertai dengan angin kencang serta petir.

“Pagi dan siang cuaca sangat cerah, tapi sering tiba-tiba sore harinya cuaca berubah cepat. Terjadi hujan lebat yang disertai badai petir,” tutupnya prihatin.
(Tim TM Barsel/Saprudin/Rabudiannoor Sy. Ikat/Senator2000)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here