Atlet Porprov Tidak Lagi Asal Tunjuk Porkab Jadi Ajang Seleksi dan Pembinaan

0
370

BUNTOK, www.tabloidmilitan.com.

KONI Kabupaten Barito Selatan menggelar perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) mulai tanggal 19 – 26 Nopember 2022 di Buntok. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, SSos, Sabtu 19 Nopember 2022 malam di  Stadion Batuah Buntok.

Ketua KONI Barsel Idariani, SE dalam sambutannya menegaskan bahwa hasil dari kejuaran Porkab tersebut akan menjadi wakil Barsel pada kegiatan yang sama ditingkat provinsi. Sebab, Porkab merupakan seleksi atlet—atlet terbaik yang akan mewakili Barsel pada Porprov tahun 2023 mendatang di Sampit, Kotawaringin Timur.

“Jadi nanti para atlit pemenang dari perhelatan Porkab ini akan mewakili Barsel pada ajang Porprtov tahun 2023 nantinya. Jadi tidak ada lagi atlit asal tunjuk untuk mengikuti Porprov. Jadi betul-betul kita melalui Porkab ini,” ujar Anggota DPRD Barsel ini.

Ditambahkan mantan Ketua KNPI Barsel ini, setidaknya pada Porkab kali ini ada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni bulutangkis, pencak silat, atletik, panahan, billyard, sepakbola, volly ball, tenis meja, futsal, karate, dan catur.

Sementara Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana mengungkapkan, Porkab merupakan sarana untuk menjaring atlet-atlet berprestasi. Kemudian para atlet yang menjadi juara nantinya akan dilakukan pembinaan sebagai persiapan untuk mengikuti Porprov nantinya. Sebab pada beberakali even tingkat provinsi, dengan mengirimkan wakil barsel tanpa seleksi dan pembinaan terlebih dahulu hasilnya kurang maksimal.

“Saya juga berpesan kepada Ketua Koni Barsel, agar para atlet yang mengikuti Porkab ini adalah atlet yang berasal di enam kecamatan se Barsel. Tidak ada atlet dari luar daerah. Karena even kali ini merupakan seleksi dan kemudian dilakukan pembinaan. Pada tahun 2023, akan dianggarkan untuk kegiatan pembinaan atlet sebagai persiapan mengikuti Porprov,” ujarnya.

Di tambahkan mantan Camat Dusun Selatan ini, kegiatan Porkab ini harus dilestarikan bersama-sama guna menyiapkan atlet-atlet terbaik dari bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini agar dapat membawa nama harum daerah di tingkat provinsi bahkan dikancah nasional.

“Saya juga terus mengajak kepada seluruh wasit untuk dapat bekerja secara profesional dengan tidak memihak tim manapun, sebab ini merupakan ajang seleksi guna mendapatkan atlet yang terbaik,” katanya, sembari menambahkan kepada seluruh atlet dari 6 kecamatan se Barsel untuk dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan dan meraih prestasi terbaik.

Lebih lanjut Lisda mengatakan, potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Kabupaten Barsel cukup banyak ditambah dengan dukungan sumber daya alam yang cukup memadai. Oleh karena itu bersama-sama Koni Barsel pasti bisa secara maksimal mengembangkan prestasi olahraga dan tentunya untuk mewujudkan itu, semua pihak harus saling bersinergi.

Sebelumnya Ketua Panitia Dr. Manat Simanjuntak dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang mempertandingkan 11 cabang olahraga tersebut  diikuti oleh enam kecamatan sebarsel yakni Kecamatan Jenamas, Dusun Hilur, Karau Kuala, Gunung Bintang Awai, Dusun Utara dan Kecamatan Dusun Selatan. Diikuti oleh 525 orang atlet, offisiel, wasit dan juri. (Tim TM Barsel/Saprudin/ Senator2000)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here