Legislator Ini Sebut Tiga Dapil Di Kotim Berpotensi Jadi Pusat Ketahanan Pangan

0
248

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Ada tiga Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang memiliki potensi besar dari sektor pertanian dan industri lainnya, sehingga bisa dijadikan wadah lumbung ketahanan pangan bagi daerah.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H. Suprianto, SE., MM kepada awak media, Jumat (22/04/2022).

Lantaran hal itu, dia meminta agar pemerintah daerah menjadikan tiga daerah pemilihan tersebut sebagai wadah atau lumbung ketahanan pangan yang memiliki potensi besar untuk sektor pertanian dan industri lainnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, lahan pertanian di tiga Dapil ini, diantaranya Dapil III Wilayah Selatan, Dapil IV wilayah Tengah dan Dapil V Wilayah Utara, dimana lahan-lahan yang terdapat disana bisa dibagi lagi ke beberapa tanaman holtikultura. Bahkan potensi lahan kosong di tiga daerah itu masih tergolong banyak, sehingga tidak begitu kesulitan untuk mengembangkan sektor-sektor yang ada.

“Menurut kami di tiga daerah pemilihan tersebut memiliki potensi pertanian dan industri lainnya berpeluang sangat besar, sehingga bila dikembangkan dengan baik dan juga profesional oleh pemerintah daerah, tidak mustahil bisa¬† mensejahterakan masyarakat dan jadi sumber pendapatan asli daerah, dengan begitu mampu mengatasi berbagai persoalan yang menjadi kendala,” ungkap H. Suprianto.

Politisi PKS ini menyebutkan bahwa sektor pertanian hortikultura bukan merupakan hal yang baru di wilayah Kotim, sebab sejak beberapa tahun silam, daerah setempat memiliki lahan yang subur dan berisi sumber daya alam yang melimpah.

“Saat ini program tersebut sudah terealisasi dan kelompok tani yang bergabung sudah merasakan manfaatnya. Tinggal kita gerakkan sektor-sektor industri dan pertanian di dua wilayah lainnya, melalui BUMD harus mampu menjadi tempat payung hukum untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada ini,” timpalnya.

Dia juga menyebutkan, selama ini pemerintah daerah memang sudah mengembangkan potensi ekonomi dari sektor pertanian, namun hal itu tidak dilebarkan sampai pada daerah Dapil lainnya yang justru berpotensi lebih baik. Bahkan dari sisi sektor industri tiga wilayah ini sama-sama memiliki cadangan hasil alam yang melimpah.

“Kita bisa lihat, saat ini sektor pertanian seperti buah-buahan di daerah dapil IV sudah hidup, dapil V juga sudah berkembang jauh sebelumnya, hanya perlu dilebarkan lagi di sektor industri pertambangan misalnya, buat terobosan baru menggunakan BUMD sebagai tempat penampung dan penggeraknya,” pungkasnya. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here