Megaproyek Di Das Barito, Pemprov Kalteng Siap Gelontorkan Dana Rp. 1,5 Trilyun

0
543

Buntok. www.tabloidmilitan.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam salah satu rencana atau program pembangunannya akan gelontorkan dana sebesar ± Rp. 1,5 trilyun untuk mega proyek pendidikan di wilayah timur Kalimantan Tengah (Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya).

Hal itu di sampaikan langsung oleh Kadis PUPR Provinsi Kalimantan Tengah H. Shalahuddin, ST. MT kepada awak media ini, disela-sela kegiatannya mendampingi kunjungan kerja Gubernur Kalimantan Tengah ke Kabupaten Barito Selatan, (3-4/09/2022).

“Ada tiga megaproyek yang menjadi prioritas Pak Gubernur, salah satunya membangun Universitas di wilayah Barito dengan luas wilayah sekitar 800 hektar dan diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp. 1,5 trilyun,” ungkap Shalahuddin ramah bersemangat.

Dimana, lanjutnya dengan luas tersebut (800 hektar) Universitas Barito akan hampir sama seperti Universitas Sriwijaya di Palembang, atau akan lebih besar dari Unlam Banjarmasin.

“Makanya salah satu agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Pak Gubernur kali ini adalah untuk meninjau rencana lokasi Universitas Barito itu nantinya, lokasi yang cocok diantara empat kabupaten yang ada di Das Barito,” lanjut kandidat kuat calon Bupati Barito Utara 2024-2029 itu menambahkan.

Sementara dua proyek lainnya, yang menjadi prioritas Gubernur, tambahnya adalah membuat rumah sakit tipe A di wilayah barat Kalimantan Tengah (Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, Seruyan dan Sukamara).

Prioritas selanjutnya, adalah rehab Bundaran Besar kota Palangka Raya, dan semua prioritas tersebut sudah ada pradesainnya sebagai persiapan pembangunan.

Saat disinggung soal sebagai calon kuat Bupati Barito Utara pada Pilbup serentak 2024, Kadis yang terkenal akrab dengan awak media ini, menegaskan kalau dirinya saat ini hanya lebih fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh Gubernur.

“Soal politik, nanti saja lah tergantung nantinya dan harapan dari masyarakat. Sementara untuk saat ini, saya lebih fokus untuk menyelesaikan tugas sebagai Kadis PUPR dulu, karena selain tiga megaproyek prioritas itu, juga masih banyak proyek-proyek lainnya yang menjadi target pembangunan oleh Pak Gubernur,” pungkas Shalahuddin ramah. (Tim TM Barsel/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here