Komisi I DPRD Barsel Desak DSPMD Percepat Proses Pencairan DD

0
336

Buntok, www.tabloidmilitan.com
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah, Jarliansyah mendesak DSPMD (Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa) setempat untuk mempermudah birokrasi proses pencairan Dana Desa tahun anggaran 2022.

Hal ini disampaikannya kepada awak media ini di ruang Komisi I DPRD setempat, Selasa (05/04/2022).

“Kami Komisi I mengapresiasi atas kinerja DSPMD yang pada tahun ini sudah bisa membuat aparatur desa menerima gajih setiap bulannya, sehingga dengan begitu bisa meningkatkan kinerja mereka dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selaku aparatur desa,” ungkapnya.

Namun begitu, di sisi lain politisi PDIP ini juga mendorong agar DSPMD bisa mempercepat proses pencairan DD tahap I, lantaran berdasarkan informasi yang diterima di kabupaten tetangga, Barito Timur sudah cair pada awal bulan Maret tadi.

“Ya, berdasarkan informasi yang saya terima, di Barito Timur yang merupakan anak atau pemekaran dari kita Barito Selatan sudah hampir satu bulan ini cair. Karena semakin cepat cair tahap I, semakin mudah juga pihak pemerintah desa untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan persoalan keuangan yang bersumber dari negara tersebut,” timpalinya.

Dia juga menyebut lantaran terlambatnya proses pencairan keuangan DD tahap I tersebut, akhirnya berimbas mundur juga proses pencairan DD tahap III, bahkan terkadang hingga akhir Desember setiap tahunnya. Dan hal ini selalu menjadi keluhan pihak desa setiap tahunnya.

“Lantaran hal itu, kami sarankan pihak DSPMD untuk mencari permasalahan dan kendala yang terjadi setiap tahunnya, hal keterlambatan ini selalu menjadi momok di instansi ini dan imbasnya kepada masyarakat dan pembangunan desa. Mana perlu kita belajar ke kabupaten tetangga Barito Timur, tidak perlu malu meskipun mereka masih muda, tapi demi kebaikan bermasa lakukan langkah-langkah strategis untuk perbaikan dan kebaikan,” pungkasnya. (Tim TM Barsel/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here