Usia Dini Menciptakan Generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter, dan memiliki nilai moral yang kuat.

0
1060

Buntok. www.tabloidmilitan com.                                  Usia dini adalah merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak memperoleh proses pendidikan untuk mengenali berbagai macam fakta dilingkungannya untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya.

“Pendidikan anak usia dini (paud) merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia”, ujar bunda PAUD Barsel Hj. Erna Ardiani Deddy Winarwan, saat menyampikan sambutan pada acara Gebyar PAUD dan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023, di GPU Jaro Pirarahan Buntok, Senin (30/7).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan. Ditambahkannya, tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Bahkkan di negara Indonesia telah menerbitkan undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang sistem pendidikan nasional yaitu Pasal 1 Angka 14 yang menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Terkait peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 dengan tema Anak Terlidungi Indonesia Maju”, ada beberapa hal yang perlu ketahui bahwa di era digitalisasi saat ini media sosial memegang peranan sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Hanya dalam satu genggaman anak-anak dengan mudahnya bertukar informasi baik yang bersifat positif maupun negatif dan mengakses pengetahuan baru tanpa halangan. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus selalu mengawasi dan melindungi anak dalam penggunaan media sosial tersebut sehingga anak-anak dan generasi muda akan tumbuh menjadi insan yang bertanggung jawab dan bijak dalam bermedia sosial.

“Oleh sebab itu kami menghimbau kepada seluruh orang tua, guru, dan seluruh bunda Paud yang ada di Kabupaten Barito Selatan dari level Desa sampai Kecamatan untuk memberikan pelayanan ke anak-anak dari usia paud terutama dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan”, tuturnya.

Dikatakan Hj. Erna, kami dari Gugus Tugas Paud Holistik Integratif (HI) Kabupaten Barito Selatan sangat mendukung kegiatan paud ini demi mengembangkan pendidikan anak di usia dini. Di saat yang berbahagia ini juga, saya selaku bunda paud kabupaten Barito Selatan mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Gebyar Paud dan Hari Anak Nasional Tahun 2023 semoga seluruh anak-anak di Kabupaten Barito Selatan tumbuh menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter, dan memiliki nilai moral yang kuat.

Sementara Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dalam sambutannya mengatakan, kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan sebuah bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas – luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Tak kalah penting, anak juga harus memperoleh perlindungan dan pemenuhan hak – haknya. Dalam pemenuhan hak – hak anak tersebut, pemerintah, masyarakat dan orang tua harus sama – sama bersinergi untuk mendukung tercapainya indikator hak anak, baik hak sipil, hak pendidikan dan kesehatan, hak untuk berkreasi serta hak hak untuk mendapatkan perlindungan.

“Dalam Kegiatan Gebyar PAUD dan Peringatan Hari Anak Nasional ke – 39 Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2023 ini, saya ingin mengajak semua Kepala SOPD Lingkup Daerah Kabupaten Barito Selatan dan seluruh komponen masyarakat untuk terus meningkatkan komitmennya dan bersama-sama mengupayakan pemenuhan dan perlindungan anak khususnya di Kabupaten Barito Selatan ini.

Tema yang diangkata adalah Melalui Gebyar PAUD Kabupaten Barito Selatan Mengantarkan Generasi Emas yang Kreatif, Inofatif, Cerdas serta Berakhlak Mulia.

Sedangkan tema yang ditetapkan dalam Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2023 adalah Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak.

Kegiatan Gebyar PAUD dan Peringatan Hari Anak Kabupaten Barito Selatan ini diharapkan dapat memotivasi dan memberikan kesempatan bagi semua anak baik yang usia dini maupun yang sudah remaja dalam mengekspresikan kemampuannya”, ujar H. Deddy.

Ditambahkannya, diharapkan momen kegiatan Gebyar PAUD dan Perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2023 ini dapat menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, pendidik, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan semua pihak akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak kita khusunya menumbuhkan kesadaran seluruh pihak akan terhadap Pendidikan PAUD adalah fase awal yang penting untuk memperbaiki moral anak.

Salah satu program pemerintah Kabupaten Barito Selatan yakni berusaha mewujudkan Kabupaten Barito Selatan Layak Anak. Saya harap program ini sebagai salah satu langkah komitmen kita dalam pemenuhan hak – hak anak, saya juga berharap agar dinas – dinas terkait misalnya seperti Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama agar meningkatkan Pendidikan Sekolah dan Madrasah serta Rumah Ibadah yang Ramah Anak di Kabupaten Barito Selatan, bagi Dinas Kesehatan agar meningkatkan Pelayanan Kesehatan yang Ramah Anak dan juga Dinas Perhubungan agar meningkatkan pembentukan Zona Aman Sekolah di Kabupaten Barito Selatan serta dinas – dinas lain yang terkait dalam perwujudan Indikator Kabupaten Layak Anak, tidak lupa juga agar kecamatan juga mewujudkan pemenuhan Indikator Kecamatan Layak Anak seperti membina Forum Anak Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan. Yang semua ini merupakan salah satu indikator dari pencapaian Kabupaten Barito Selatan Sebagai Kabupaten Layak Anak, sesuai dengan Program Presiden Republik Indonesia yang memprogramkan Indonesia sebagai Negara Ramah Anak Tahun 2030. (Tim TM Barsel/ Saparudin/ Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakGebyar Anak Indonesia, Bank Kalteng Peringatan Hari Anak Nasional
Artikulli tjetërSuaib Pensiun, Syahdani Plt. Kadisdik Barsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini