Dadang, Anggota Bapemperda DPRD Kotim Minta Upaya Kongkrit Agar PUD Wajib Digunakan, Ini Alasannya …???

0
229

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Kegiatan Rapat kerja Bapemperda DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlangsung di ruang rapat paripurna, dengan agenda menyesuaikan pasal-pasal maupun ayat-ayat dari masukan anggota legislatif maupun eksekutif yang hadir di rapat tersebut, dimana salah salah pembahasan terkait dengan masalah PUD (Produk Unggulan Daerah). Selasa (10/05/2022).

Pada kesempatan itu Dadang Siswanto, SH selaku anggota Bapemperda menekankan, agar program pengembangan produk hukum itu, terutama dalam ruang lingkup Ranperda PUD tersebut harus didukung dengan penggunaan maskimal produk unggulan dari semua SOPD (Satuan Organisasi Perangkat Daerah) yang ada.

“Dalam rangka dukungan terhadap PUD, kami minta agar dimasukan dalam ruang lingkup Ranperda, sehingga semua SOPD yang terdapat di daerah ini diwajibkan untuk menggunakan hasil dari PUD, misalnya saya contohkan minuman untuk kegiatan rapat seperti ini, harus menggunakan produk unggulan daerah,” ungkap Dadang seraya memberikan contoh kepada semua peserta rapat yang ada.

Dengan begitu, menurutnya program pembinaan maupun lainnya harus mengedepankan kepentingan masyarakat luas yang mana dalam prosesnya harus benar-benar bersentuhan langsung terhadap produk unggulan daerah.

“Kami berharap, dengan penekanan di Raperda ini nanti, sehingga apa saja produk UMKM milik daerah kita ini, baik hasil karya rumahan maupun hasil kerajinan masyarakat, diwajibkan pasar-pasar ritel yang ada untuk turut memasarkan produk-produk tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, tambahnya lagi agar semua masukan yang yang disampaikan pada rapat tersebut, nantinya bisa dimasukan dalam Ranperda untuk swlanjutnya ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati yang mengatur secara teknis. Karena menurutnya dalam produk unggulan harus memperhatikan kualitas, nilai sosial, lingkungan hidup dan prinsip lainnya.

“Penyehatan dan dukungan terhadap iklim investasi Produk Unggulan Daerah kita ini sendiri harus menjadi perhatian serius semua pihak, namun begitu harus diikuti dengan peningkatan SDM yang terlibat dalam produksi PUD itu juga,” tutupnya seraya menekankan. (Tim TM Kotim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here