Jelang Berakhirnya Program Pansimas, Distric Coordinator Kabupaten Barito Selatan Lakukan Pelatihan Penguatan Desa & Kecamatan

0
330

Buntok /// tabloidmilitan.com
Distric Coordinator Pansimas III Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah mengundang 6 Camat dan 57 Kepala Desa se-Barito Selatan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan Program Pansimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat).

Menurut Mohamad Rahmatullah, S.T selaku District Coordinator Pansimas III Kabupaten Barito Selatan saat jumlah pers kepada awak media (13/10/2021) menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan lantaran program Pansimas yang dananya bersumber dari APBN akan berakhir bulan depan, sehingga harus dilakukan penyerahan pengelolaan dan aset yang ada untuk menjadi aset desa dan murni dikelola oleh pihak desa.

“Karena akhir bulan depan akan berakhir, makanya kami melakukan kegiatan Pelatihan Penguatan Pemerintahan Desa dan Kecamatan Program Pansimas, agar nantinya sepeninggalan kami, semua program Pansimas pada 57 desa selaku Desa Reguler Sasaran Pamsimas III TA 2017-2021 tetap berjalan sesuai dengan tujuan program tersebut,” ungkap Rahmad sapaan akrabnya.

“Dan kegiatan pelatihan ini juga dilakukan bekerjasama dengan Dinas PUPR Kabupaten Barito Selatan, yang mana setelah nantinya semua pogram-program Pansimas ini akan di hadle oleh mereka,” tambah Rahmat lagi.

Dia jua menambahkan, agar pihak Pemerintah Desa bisa mengoptimalkan lagi sarana yang ada seperti melanjutkan pemasangan SR (Sambungan Rumah) hingga fasilatas air bersih dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami berharap, program ini tidak berhenti sampai sini saja, akan tetapi pihak Pemerintah Desa bisa lebih mengoptimalkan lagi sarana yang ada, baik melalui usulan kepada Pemda Kabupaten Barito Selatan melalui APBD murni, ataupun melalui pihak ketiga atau pihak swasta, juga bisa dianggarkan melalui DD (Dana Desa) karena pada dasarnya hal itu dibolehkan dalam aturan,” pungkasnya. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here