Komisi IV DPRD Kotim, Minta Pemda Gandeng PBS Kurangi Pengangguran

0
215

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Komisi IV DPRD Kabuoaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah meminta kepada pihak pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk menggandeng pihak Perusahaan Besar Swasta (PBS) di wilayah setempat dalam rangka menekan angka pengangguran yang selama ini diyakini meningkat semenjak diterpa pamdemi virus covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, M. Kurniawan Anwar kepada awak media, Senin (25/04/2022).

“Akibat pandemi virus Covid-19 kurang lebih dua tahun ini, kita ketahui bersama sudah menghantam semua sektor termasuk tenaga kerja lokal kita, mereka juga terdampak baik ada yang di PHK maupun yang usahanya macet sehingga menjadi nganggur, nah itu perlu kita evaluasi supaya ada terobosan untuk mencari peluang pekerjaan kembali bagi masyarakat kita,” ungkapnya.

Menurutnya dengan menggandeng puluhan pihak perusahaan di daerah ini, ditambah adanya toko-toko ritel dan juga lainnya maka angka pengangguran dapat ditekan. Hal itu bisa dimaksimalkan dengan melakukan rekrutmen sistem jemput bola bekerja sama dengan pihak terkait.

“Tinggal bagaimana Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kita meminta data atau peluang dari setiap perusahaan dan lakukan pameran, dalam satu perusahaan saja kita ambil misalnya 10 atau 20 peluang pekerjaan itu sudah mampu memaksimalkan peran pemerintah dalam menekan angka pengangguran kita, yang patut kita ketahui terkadang masyarakat ini terkendala informasi, maka dari itu pemerintah daerah melalui dinas teknisnya harus melakukan terobosan-terobosan jemput bola,” timpalnya.

Dia juga meminta pihak PBS diharapkan agar membuka peluang Bursa kerja mereka dengan memaksimalkan peran dinas terkait, dan sudah merupakan kewajiban bagi PBS tersebut serta sejalan dengan peraturan daerah dalam rangka memberdayakan Tenaga Kerja Lokal (TKL) di daerah setempat.

“Peluang atau bursa kerja ini menurut kami menjadi salah satu usaha dan upaya konkrit Pemkab Kotim apabila bisa direalisasikan, terutama dalam hal menanggulangi masalah jumlah pengangguran. Itu saran kami dari Komisi IV dan kita berharap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Tim TM Kotim).

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakLegislator Komisi II DPRD Kotim Tegaskan Pemerintah Daerah Harus Bisa Cegah Penggundulan Hutan
Artikulli tjetërLegislator Kotim, Ingatkan ASN Jangan Menambah libur Lebaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini