Legislator Ini, Minta Pemda Proaktif Melakukan Pembinaan Ormas

0
203

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Rimbun, ST., anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah, meminta Pemda (Pemerintah Daerah) melalui instansi terkait agar proaktif melakukan pembinaan terhadap Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) yang ada di daerah setempat.

Hal itu diungkapkannya, lantaran Ia menilai selama ini pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat masih lemah, padahal dalam kontekstual peningkatan mutu dan kualitas SDM setiap organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah ini berpotensi positif dalam rangka meningkatkan kondusifitas daerah.

“Kami rasa sudah baik dari segi pembinaan secara SDM, namun kita juga perlu memperhatikan dari sisi kesejahteraan mereka, artinya dalam hal ini bukan hanya didukung melalui SDM saja melainkan sumbangsih daerah dalam meningkatkan kinerja setiap organisasi kemasyarakatan yang sudah ada dan membantu menunjang kinerja pemerintah daerah dalam halnya kondusifitas maupun hal lainnya,” ungkap Rimbun kepada awak media, Selasa (08/03/2022).

Disisi lain dia juga menilai selama ini banyak ormas yang dengan tegas menyatakan mendukung pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas terhadap wisata daerah melalui sektor seni dan budaya lokal hingga kepada pembentukan hutan adat di Kotim ini sebagai bentuk perhatian dan pelestarian sisa tradisi turun temurun yang mulai tergerus tersebut.

“Banyak ormas kita yang membawa motto melestarikan budaya, adat istiadat, dan juga menjaga lingkungan yang perlu diperhatikan secara khusus, daerah kita ini masih kental dengan yang namanya hukum adat, seni budaya dan juga tradisi sampai pada ritual keagamaan yang kita ketahui identik dengan ciri khas yang mengusung kebudayaan ini harus dijaga dan dilestarikan,” timpalnya.

Bahkan legislator PDI Perjuangan ini berharap agar kedepannya pihak pemerintah daerah melalui dinas pariwisata maupun Kesbangpol lebih proaktif dalam melakukan pembinaan secara masif kepada setiap organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah ini.

“Tentunya bukan hanya dalam bentuk pembinaan fisik saja melainkan sumbangsih kepada daerah dan melibatkan setiap ormas dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan khususnya dibidang pelestarian lingkungan, budaya, tradisi dan lainnya,” pungkasnya. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here