Perusahaan Kelapa Sawit Gunakan Sarana Jalan Umum, Komisi IV Bakal Lakukan Sidak

0
764

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat ini akan turun melakukan inspeksi mendadak (sidak), terkait aktivitas Perusahaan Besar Swasta (PBS) khususnya bidang industri kelapa sawit yang melintasi jalan umum, hal itu dinilai sudah melanggar aturan maupun ketentuan yang berlaku.

Dalam hal ini, Komisi IV sendiri terus menyoroti persoalan tersebut setelah menerima berbagai keluhan dari masyarakat terkait adanya aktivitas PBS perkebunan kelapa sawit yang menggunakan jalan umum untuk kegiatan mengangkut hasil kebun mereka. Bahkan selain itu, Sidak itu dimaksud dalam rangka menegakan aturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ketua Komisi IV DPRD Kotim, M. Kurniawan Anwar S.Kom saat dibincangi awak media, Kamis (17/03/2022) siang menegaskan, seharusnya pihak perusahaan besar swasta (PBS) secara mandiri wajib membangun under pass diatas lahan milik sendiri.

“Itu aturan yang berbicara, jangan sampai aturan itu disalahgunakan, karena selama ini kita nilai banyak PBS di Kotim ini yang¬† menggunakan jalan umum yang dibangun oleh pemerintah untuk melakukan giat operasionalnya terutama yang bersifat khusus, seperti angkutan CPO, buah dan hasil pabrik lainnya,” ungkapnya menyayangkan.

Bahkan dia menegaskan, secara aturan sudah semestinya pihak investor dalam rangka berinvestasi di suatu wilayah harus punya jalan khusus atau jalan sendiri. Apalagi menurutnya jalan umum yang turut dilewati oleh mereka, merupakan jalan utama akses masyarakat, tentunya akan sangat berbahaya bagi keselamatan.

“Dan fakta dilapangan yang kita lihat selama ini, jalan umum yang digunakan perusahaan tidak ada yang mengantongi izin penggunaan dari pemerintah, sekalipun ada maka sudah barang tentu mereka perusahaan ikut membantu terkait dengan pemeliharaan jalan,” timpalnya.

Dia juga memastikan Komisi IV DPRD Kotim sudah menjadwalkan sidak sekaligus melaksanakan agenda monitoring di sejumlah titik jalan umum yang santer digunakan perusahaan besar swasta (PBS) untuk mengangkut hasil kebun kelapa sawit mereka.

“Sudah kami jadwalkan dalam waktu dekat ini akan turun kelapangan, bersama pihak eksekutif dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Dinas PU, kemudian terkait perusahaan mana saja yang akan kita didatangi, nanti saja kita ketemu dilapangan yang jelas ada banyak data sudah kami kantongi,” tutupnya. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here