Pj. Bupati Barsel Lauching Gerakan Transisi PAUD ke SD

0
1065

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                                Pj. Bupati Barsel Launching Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan edukasi pendidikan anak usia dini, guru SD Kelas Rendah, dan Bunda PAUD Desa / Kelurahan dan Bunda PAUD Kecamatan di Kabupaten Barito Selatan, Selasa (1/8) di GPU Jaro Pirarahan Buntok.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan mengucapkan selamat datang kepada Ibu Kasubja Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran pada Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi beserta rombongan yang bersedia hadir sebagai narasumber kita pada acara Launching ini.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan atas kehadiran dan antusiasme kita semua dalam rangka kita mewujudkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan edukasi pendidikan anak usia dini, guru SD Kelas Rendah, dan Bunda PAUD Desa / Kelurahan dan Bunda PAUD Kecamatan di Kabupaten Barito Selatan”,  ujar Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan mengawali sambutannya pada acara tersebut.

Dikatakan H. Deddy, pada tanggal 28 Maret 2023, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan program Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimana gerakan ini adalah merupakan gerakan yang bertujuan untuk memudahkan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan baru di Sekolah Dasar.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan bahwa pernyataan bersama untuk mendukung Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini adalah cerminan dari semangat merdeka belajar yang dilakukan bersama dengan bergotong royong dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik.

Sebelumnya Bunda PAUD Barsel Hj. Erna Ardiani Deddy Winarwan megungkapkan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dimulai sejak tahun ajaran baru dimana peserta didik pada masa transisi PAUD menuju SD merupakan upaya transformasi pendidikan melalui lingkungan belajar yang berkualitas dan nyaman bagi peserta didik.

“Program Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini tidak terlepas dari bagaimana kita melakukan edukasi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang harus dapat memberikan landasan pendidikan yang kuat dan mendukung bagi perkembangan anak.

Untuk mengubah paradigma dan misskonsepsi bahwa keterampilan calistung tidak boleh dibangun di PAUD tanpa kemampuan literasi dan numerasi hal ini dimaksudkan agar anak didik tidak hanya menghafal huruf dan angka saja tapi juga mampu memahami dan mengelola informasi secara kritis”, ujar Bunda PAUD Barsel.

Ditambahkan Hj. Erna, kemampuan literasi dan numerasi harus dibangun secara bertahap dan dengan pendekatan yang menyenangkan. Gerakan ini diinisiasi untuk memastikan hak anak dalam mendapatkan pelajaran efektif dan menyenangkan sejak usia dini sehingga belajar bukan menjadi beban tetapi membuat anak belajar sambil bermain sehingga anak tumbuh menjadi anak lebih mandiri kreatif dan bahagia. Gerakan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti Pendidikan PAUD secara formal memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan dasar keterampilan dan kematangan yang holistik.

“Oleh karena itu, peran bunda PAUD ini sangat strategis, karena mereka berada di garda terdepan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di tingkat lokal. Dengan terlibatnya Bunda PAUD ini diharapkan program PAUD dapat berjalan lebih efektif, dan berdampak pada perkembangan anak-anak di Kabupaten Barito Selatan. Peran orang tua dan keluarga adalah menjadi figur utama yang menjadi pengasuh dan pendidik bagi anak-anak pada usia dini, untuk memberikan kasih sayang, perhatian dan perawatan yang tepat untuk anak-anaknya, dengan pengasuhan orang tua dan keluarga yang positif dan penuh cinta dapat membantu anak-anak merasa aman, nyaman dan terlindungi, yang mana ini sangat penting bagi perkembangan emosional dan sosial mereka”, tuturnya.

Dikatanya, mari bersama-sama kita sukseskan Gerakan transisi paud ke SD yang menyenangkan semoga Gerakan ini dapat terus berlanjut sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita. Saya yakin dan percaya transisi anak-anak PAUD ke SD apabila itu menyenangkan sehingga tidak menimbulkan traumatis, maka dampak positif yang dihasilkan akan sangat dipegang dan diingat sepanjang hayat anak-anak kita. (Tim TM Barsel/ Saprudin/ Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakTerkait Kebakaran Lahan, Polres Barsel Periksa Perusahaan
Artikulli tjetërDPRD Dukung Akan Anggaran Karhutla

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini