Sebanyak 20 Kades Baru Ikuti Pelatihan

0
361

 

 

Kepala DSPMD Barsel Selviriyatmi foto bersama dengan para yanng mengikuti Pelatihan Awal Masa Jabatan Kepala Desa TA 2023, di Aula DSPMD Barsel, Kamis, 26 Januari 2023.

BUNTOK, www.tabloidmilitan.com. Guna meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi, maka sebanyak 23 orang kepala desa (Kades) yang baru menjabat mengikuti Pelatihan Awal Masa Jabatan Kepala Desa Tahun Anggaran 2023, di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan, Kamis, 26 Januari 2023.

Kades yang mengikuti pelatihan tersebut adalah kades yang baru dilantik pada bulan Desember 2022 lalu. Terdiri dari 17 orang kades yang merupakan hasil dari pilkades serentak tahun 2022 dan 3 orang PAW Kades. Demikian diungkapkan Kepala DSPMD Barsel Selviriyatmi SP MSi kepada wartawan usai pembukaan kegiatan.

Dikatakan Bu Selvi demikian dia akrab disapa, pelatihan itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam menyusun langkah-langkah pelaksaan kegiatan desa. Sehingga dengan demikian para Kades betul-betul memahami tugas pokok dan fungsi dalam memimpin desa, dan betul-betul memahami pengelolaan keungan desa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pelatihan ini merupakan langkah-langkah kita dalama upaya meningkatkan pengetahuan para kades, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Wanita berhijab ini juga mengungkapkan, pada saat rapat kerja di Sentul beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah se Indonesia, bahwa Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) mengatakan kalau banyak kepala daerah yang mengeluh karena realisasi penyerapan dana desa yang tidak mencapai 100 %.

“Waktu itu Kajagung menegas bahwa kejaksaan tidak boleh langsung memeriksa keuangan desa, tanpa terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat. Kecuali kalau sudah ada penyelewengan. Kalau seandainya ada laporan dari masyarakat ke kejaksaan, maka kejaksaan harus terlebih dahulu konfirmasi ke Inspektorat, dan Inspektoratlah yang melakukan lidsus,” pungkasnya, semberi mengatakan, narasumber pelatihan awal masa jabatan kades tersebut berasal dari DSPMD Barsel, Asisten II Setda Barsel dan dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masysrakat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPM-P3MD) Kementrian Desa. (Tim TM Barsel/Saprudin/Senator2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakPDIP Barsel Laksanakan Acara Makan-makan di Dapur Sehat bersama Semua Elemen MasyarKat
Artikulli tjetërKodim, BRI, Persit Dan PWI Olahraga Bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini