Bangga, Barsel Juara di Dunia Internasional

0
1052

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                      Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng), sambut kepulangan rombongan Tim Seni Budaya Barsel yang mengikuti Internasional Folk Dance Festival A Colourful Rainbow Folkdance of India & Abroad, di Aula Serbaguna Setda Barsel, Kamis 26 Oktober 2023.

Hadir pada penyambutan Pj. Bupati Dr. H Deddy Winarwan, SSTP. MSi beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta jajaran unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

International Folk Dance Festival digelar di New Delhi India pada tanggal 17 – 21 Oktober 2023 itu diikuti dari berbagai negara eropa dan asia. Indonesia diwakili oleh Sanggar Tari Ranu Mareh Desa Mabuan Kecamatan Dusun Selatan Barsel Kalteng, dengan membawakan tarian Wadian Dadas dan Wadian Bao dibawah pimpinan Kutus, dan berhasil meraih juara 2. Juara 1 berasal dari negara tuan rumah.

Pj. Bupati Barsel mengatakan tentu saja kita merasa bangga dan bahagia sebagai warga masyarakat Kabupaten Barito Selatan. Saya yakin dan percaya seluruh masyarakat Kabupaten Barito Selatan dan juga masyarakat Kalimantan Tengah merasa bangga.

Karena tarian kita tarian wadian dadas dan wadian bao berhasil meraih juara 2 di tingkat Internasional, yang dibawakan oleh sanggar Ranu Mareh dan tim budaya Kabupaten Barito Selatan

“Itu mencerminkan keagungan dan keluhuran adat istiadat suku Dayak diakui oleh dunia internasional menduduki juara kedua di Festival tarian rakyat internasional sekaligus dinobatkan sebagai penampilan terbaik.

Ini menunjukkan prestasi dari Kabupaten Barito Selatan ini bisa dicapai atas berkat rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan restu dari leluhur kita leluhur Dayak. Kemudian dukungan dari seluruh jajaran pimpinan mulai dari Gubernur, Wagub, kemudian dukungan dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, DPRD dan Forkopimda serta dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Barito Selatan.

Dikatakan Pj. Bupati, ini sejarah pertama kali kita tampil di dunia internasional dan langsung mendapatkan juara. Saya harapkan prestasi ini terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang, dan tampilannya kita di dunia internasional mengukuhkan eksistensi budaya Dayak di dunia internasional dan ini menunjukkan bahwa kita punya potensi di sektor budaya di sektor pariwisata yang bisa kita kembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah bahkan kita juga bisa mengundang investor untuk pembangunan di Kabupaten Barito Selatan

“Kegiatan yang dilaksanakan di New Delhi India ini adalah kegiatan UNESCO yang membidangi masalah pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah India dan kita diundang secara langsung oleh UNESCO. Kenapa bisa diundang karena kita sanggar tari ranu mareh berprestasi meraih juara di tingkat nasional”, ujar Pj. Bupati. (Tim TM Barsel /Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakRaih Juara 1 di Dua Cabang Kafilah FSQ Barsel Peringkat 3
Artikulli tjetërPesparawi IX Dibuka Oleh Pj. Bupati Barsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini