Lahan Sempit, DPRD Kotim Minta SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan Di Relokasi

0
214

Sampit, www.tabloidmilitan.com
H. Rudianur, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah, meminta agar pihak pemerintah daerah segera merelokasi SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan (MHS) ke lokasi baru yang lebih representatif dan memadai, mengingat lahan sekolah tersebut sudah mentok atau sempit tidak bisa dikembangkan lagi, sementara disisi lain sekolah tersebut juga mendapat lahan atau tanah baru dari hibah tokoh masyarakat perduli pendidikan.

“Kami berharap relokasi bangunan sekolah SMP tersebut bisa segera direalisasikan, sebab lokasi yang ada saat ini sulit untuk dikembangkan lantaran lahannya tidak terlalu luas atau tergolong kecil sementara jumlah peserta didik terus bertambah setiap tahun ajaran baru,” ungkapnya kepada awak media, Senin (21/03/2022).

Legislator Dapil III ini juga menegaskan, kalau bangunan SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan ini terletak di lahan yang luasannya hanya sekitar 700 meter persegi, dengan demikian dinilai sulit untuk dikembangkan, terutama dalam rangka meningkatkan sarana pendukung tambahan seperti ruang guru, laboratorium, fasilitas olahraga dan lainnya.

“Sementara di sisi lain saat ini kita patut bersyukur, lantaran salah satu warga atau tokoh masyarakat perduli pendidikan, Pak Rusdi Akbar warga asli Samuda namun bekerja sebagai Dosen di UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta, siap menghibahkan lahan atau tanah beliau seluas 1,5 hektar untuk pembangunan SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan nantinya,” ungkapnya lagi.

Lantaran hal itu, Rudianur juga berharap relokasi bisa segera terwujud demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah selatan, khususnya ditingkat SMPN. Bahkan guna memantapkan persiapan itu, telah dilakukan rapat di SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan yang dihadiri H. Rudianur, Pemerintah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Dinas Pendidikan, belum lama ini.

“Kemaren kita rapat, dan terkait hal ini tinggal tindak lanjut dari Dinas Pendidikan untuk melakukan kajian dan segera mengusulkan relokasi SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan ini nantinya, kami di lembaga legislatif sebagaimana fungsi dan kewenangan, kami siap¬† memperjuangkan anggaran untuk hal itu,” tutupnya. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here