Pj. Bupati Buka Lomba B2SA dan Makanan Serba Ikan

0
1098

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                          Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan membuka secara resmi lomba kreasi pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Makanan Serba Ikan tingkat Kabupaten Barito Selatan di Aula Bappeda Barsel Selasa 19 September 2023.

Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan kepada wartawan mengatakan hari ini kita menghadiri lomba kreasi makanan lokal beragam bergizi seimbang & aman dan lomba makanan serba ikan. Tentu saja ini dalam rangka hari jadi Kabupaten Barito Selatan ke-64.

“Kenapa kita mengangkat tema makanan serba ikan? Karena memang sektor perikanan di Barsel ini sangat besar, salah satunya kita memberdayakan potensi kuliner. Pemenangnya nanti akan didorong untuk memberdayakan ikan dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif dan akan dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan daerah”, ujar Pj. Bupati.

Sementara itu Ketua tim penggerak PKK Barito Selatan Ny. Hj. Erna Deddy Winarwan mengatakan penganekaragaman pangan merupakan upaya peningkatan ketersediaan pangan bergizi seimbang dan aman serta gerakan masyarakat gemar makam ikan yang bersumber dari potensi sumber daya lokal merupakan salah satu upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tetapi pada kenyataannya sampai saat ini pola konsumsi makan masyarakat masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dalam keseimbangan. Beras masih mendominasi pada pola konsumsi pangan masyarakat. Konsumsi karbohidrat lainnya bisa berupa ubi-ubian seperti singkong dan lainnya.

“Hari ini kita bisa lihat tampilan ibu-ibu PKK yang luar biasa, tampilannya nggak harus semuanya nasi tapi saya lihat di sini ada singkong ada ubi. Kegiatan hari ini adalah salah satu dalam upaya mendukung penurunan stunting di Kabupaten Barito Selatan dan meningkatkan budaya gemar makan ikan, salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Barsel bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Barito Selatan yaitu dengan mengadakan lomba masak kreasi pangan lokal B2SA serta lomba masak serba ikan. Saya berharap dalam kesempatan ini tim penggerak PKK Kecamatan sebagai mitra pemerintah dan ujung tombak dalam membina tim PKK Kelurahan dan Desa berperan aktif dalam mensosialisasikan konsumsi pangan beragam bergizi seimbang dan aman serta gerakan gemar makan ikan sampai masyarakat”, ujar Hj. Erna.

Ketua panitia yang juga Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Barsel Ida Safitri mengatakan untuk lomba B2SA diikuti oleh 6 Kecamatan se Barsel. Sedangkan untuk lomba makan serba ikan diikuti oleh 4 kecamatan.

Juri terdiri dari 1 orang dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, 1 orang dari ahli gizi Dinas Kesehatan Kabupaten, kemudian 1 orang adalah sep dari Palangkaraya. (Tim TM Barsel /Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakSelamat Hari kabupaten Barito Selatan Ke 64
Artikulli tjetërJuara Balap Ketinting 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini