Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut, Legislator Kotim Imbau Hal Ini …!!!

0
223

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Cegah atau antisipasi penyebaran virus hepatitis akut yang membahayakan anak, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Dadang Siswanto, SH kembali mengimbau kepada setiap orang tua di daerah setempat, untuk turut serta atau lebih ekstra untuk menjaga anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Disisi lain dia juga mendesak agar pemerintah daerah melalui dinas teknis terkait, bekerja cepat dalam memonitor maupun mengatasi penyakit tersebut supaya tidak menjadi potensi negatif bagi kesehatan masyarakat khususnya pada anak-anak.

“Menurut kami salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menjaga pola keseharian anak, bahkan organisasi kesehatan dunia atau WHO melaporkan sudah ada 348 kasus Hepatitis akut di berbagai belahan dunia, jadi harus kita cegah cepat supaya masyarakat kita tidak khawatir akan hal ini,” ungkapnya Dadang melalui awak media, Jumat (13/05/2022).

Politis PAN ini juga menegaskan, Kementerian Kesehatan sebelumnya juga menyebut sudah ada 15 kasus dugaan penyakit hepaptitis akut ini di Indonesia, dan lima di antaranya meninggal dunia.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, Hepatitis akut ini menyerang anak usia kisaran 1-17 tahun. Jadi kami mengingatkan dan meminta semua pihak tidak menyepelekan virus Hepatitis akut yang menular lewat asupan makanan atau melalui mulut itu,” timpalnya.

Tidak hanya itu, anggota dewan dua periode ini juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, termasuk dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan juga tidak menggunakan alat makan bersama dengan orang lain.

“Yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat terutama pada anak-anak yang rentan terrular, misalnya menghindari anak-anak kontak dengan orang yang sedang sakit, karena disamping hal itu sangat rentan menyebabkan penularan, juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak,” tutupnya mengingatkan. (Tim TM Kotim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here