Antisipasi Tercemarnya Sungai Ayuh Sebagai Sumber Air Bersih, Pemdes Muka Haji Lakukan Ini …???

0
326

Barsel /// tabloidmilitan.com
Antisipasi tercemarnya Sungai Ayuh yang merupakan satu-satunya sumber air bersih bagi warga masyarakat, Pemdes (Pemerintah Desa) Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah lakukan berbagai hal salah satunya membangun Bak PMA (Perlindungan Mata Air).

Hal itu di ungkap langsung oleh Ahmad Tahir, Kades Muka Haji didampingi Kaur Keuangan Reza Hartono kepada awak media ini belum lama ini.

Menurut Ahmad Tahir, akhir-akhir ini kondisi Sungai Ayuh sangat rentan tercemar atau sangat keruh sekali, lebih-lebih di musim penghujan. Air Sungai Ayuh akan meluap, sampai menjadi air bah, bahkan akibat air bah Sungai Ayuh yang menghantam salah satu jalan houling perusahaan tambang beberapa waktu lalu menelan dua korban jiwa meninggal.

“Lantaran hal itulah, kami pada TA (Tahun Anggaran) 2021 lalu, salah satu item pengunaan DD (Dana Desa) Muka Haji peruntukannya untuk pembangunan Bak PMA,” ungkap Ahmad Tahir ramah seraya di iyakan oleh Reza.

“Namun pembangunan Bak PMA itu belum selesai secara keseluruhan, makanya kami akan lanjutkan pada TA 2022 ini lagi,” tambahnya.

Masih menurutnya, untuk TA 2022 ini akan dibangun juga beberapa fisik bangunan, berupa sarana pengelolaan air bersih, tampungan atau bak air bersih hingga pemasangan pipa atau sambungan rumah.

“Jadi dengan begitu, program air bersih Desa Muka Haji bisa langsung dinikmati oleh warga hingga rumah masing-masing, tanpa harus khawatir sungai Ayuh tercemar baik pada musim penghujan ataupun akibat kiriman dari hulu Sungai Ayuh sana,” tutupnya. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Chandra I. Sy. Ikat)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakKetua PWI Berang, Ada Oknum Bawa Nama PWI
Artikulli tjetërKomisi II Sidak, Ternyata Ini Harga Minyak Goreng Di Kotim …???

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini