Ardianson Terpilih Kembali Jadi Damang Adat Dusun Selatan, Ini Program Kerjanya …???

0
405

Buntok, www.tabloidmilitan.com
Pemilihan Damang Adat Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang dilaksanakan diaula kecamatan setempat, Senin (22/08/2022), diikuti oleh tiga calon Damang, yakni Ardianson nomor urut satu, Adrianson nomor urut dua, dan Sickpriet YT, M.Pd di nomor urut tiga.

Kegiatan tersebut, diketuai langsung oleh Camat Dusun Selatan Evi Kusumawardhani, SSTP., M.IP beserta unsur panitia lainnya. Nampak juga sejumlah undangan yang hadir, seperti Sekretaris Umum DAD Kabupaten Barito Selatan, Bennie S. Mahar, ST., MM., MT.

“Damang ini kan bagian dari satu kesatuan lembaga adat, namun begitu DAD (Dewan Adat Dayak) menyerahkan sepenuhnya pemilihan ini kepada pihak Kecamatan sehingga dapat terlaksana demokratis sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan,” kata Bennie Mahar sapaan akrabnya.

Insert. Bennie S. Mahar didampingi Ardianson

Dia juga mengatakan, DAD berharap keberadaan Damang Adat bisa bersinergis dan bekerjasama dengan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat adat dengan baik.

“Hal ini sesuai dengan hasil raker DAD kemaren di Palangka Raya belum lama ini, bahwa keberadaan lembaga adat, baik mulai dari DAD, Damang Adat dan juga Batamad, bisa meningkatkan eksistensi masyarakat adat, terutama di wilayah Kabupaten Barito Selatan dan khususnya Kecamatan Dusun Selatan untuk Damang Adat terpilih. Dan kami juga mengucapkan selamat,” tukas Bennie ramah.

Sementara itu Camat Dusun Selatan Evi Kusumawardhani, SSTP., M.IP selaku Ketua Pemilihan Damang Adat, menyampaikan ucapan selamat kepada Damang Adat Terpilih.

“Namun begitu kami tetap mengingatkan, meskipun menang dan terpilih sebagai Damang Adat Kecamatan Dusun Selatan untuk enam tahun mendatang, mengungguli pasangan lainnya, namun janganlah jumawa, tinggi hati dan begitu juga untuk dua calon lainnya, jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk enam tahun mendatang,” sampai Evi mengingatkan.

Dan hampir senada dengan apa yang disampaikan oleh Sekretaris Umum DAD tadinya, Evi berharap keberadaan Damang Adat dapat membantu pemerintah kecamatan dalam melaksanakan tugas dan fungsi, terutama menyangkut persoalan-persoalan adat di masyarakat.

Saat Damang Adat terpilih untuk periode kedua, Ardianson diminta memaparkan apa saja program kerja yang ingin dilaksanakannya, menyampaikan kalau dirinya akan melanjutkan beberapa program kerjanya yang belum tuntas dilaksanakan pada masa sebelumnya.

“Untuk jangka pendek ini, kami bersama kawan-kawan pemangku adat lainnya berencana menyusun buku panduan adat, sehingga nantinya ada tolak ukur atau panduan pasti dalam menentu keputusan adat,” ungkap Ardianson semangat.

Dan tambahnya, pihaknya juga akan berusaha bekerjasama, bersinergis dan berupaya semaksimal mungkin untuk bekerjasama dengan pemerintah, terutama pemerintah kecamatan Dusun Selatan.

“Sebagaimana apa yang telah disampaikan oleh Sekretaris Umum DAD dan Camat Dusun Selatan tadi, fungsi keberadaan Damang Adat itu sendiri adalah untuk meningkatkan eksistensi masyarakat adat dan juga untuk membantu mengatasi atau menyelesaikan persoalan-persoalan dan atau keperluan adat ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (Tim TM Barsel/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here