Legislator Kotim Minta Peran Aktif Masyarakat Jaga Fungsi Drainase Di Sampit

0
124

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Menjaga kondisi stabilitas drainase agar dapat berfungsi dengan baik dan lancar, khususnya drainase di seputaran kota Sampit, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah, Modika Latifah Munawarah meminta peran aktif dan kesadaran warga masyarakat untuk turut serta menjaga stabilitas drainase hingga tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

“Ada beberapa drainase di wilayah kota Sampit ini yang mengalami penurunan fungsi, sehingga air di dalam drainase meluber dan mudah terjadi banjir, hal ini perlu tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya terutama merawat drainase diwilayah mereka masing-masing, jangan hanya menunggu pemerintah,” ungkapnya Modika seraya menghimbau, Kamis (21/04/2022).

Politis PDIP ini pun menuturkan, meskipun tidak semua drainase di daerah ini yang mengalami penurunan fungsi, seiringan dengan perbaikan dan juga perawatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah sejauh ini, namun semua itu perlu kesadaran masyarakat itu sendiri dalam pencegahan tahap awal menurunnya fungsi Drainase tersebut.

“Hasil pengamatan kami memang ada beberapa titik drainase yang sering mengalami penurunan sehingga ketika hujan dengan intensitas tinggi, drainase itu tidak berfungsi dengan baik, Hal-hal seperti ini tidak hanya peran pemerintah saja yang memerhatikan persoalan tersebut, namun masyarakat juga harus ambil andil,” tegasnya.

Bahkan, menurutnya beberapa tahun anggaran sebelumnya, pihak pemerintah daerah juga sudah mengoptimalkan Peningkatan infrastruktur termasuk perbaikan dan pengelolaan drainase  dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Jadi tugas kita tinggal menjaga fasilitas yang sudah dibangun tersebut, tentunya agar fasilitas umum itu tidak mudah rusak, karena yang dirugikan adalah masyarakat itu sendiri,” tutupnya. (TIM TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here