Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Barito Selatan Tahun 2023

0
1153

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                            Kejaksaan Negeri Barito Selatan telah melaksanakan tugas dan fungsinya di masing-masing bidang yang dipimpin oleh Yusuf Sumalong, SH selaku Kepala dan dibatu oleh 23 (dua puluh tiga) pegawai, 8 (delapan) diantaranya merupakan Jaksa, selain itu juga terdapat 20 (dua puluh) pramubakti telah memberikan tugas terbaiknya yang dirangkum dalam Capaian Kinerja tahun 2023 sebagai berikut.Jumat (29/12/2023)

Kajari Yusuf Simalung, Jumat 29 Desember 2023 menguraikan, Bidang Intelijen. Kegiatan Pengamanan Program Strategis (PPS) yang telah dilaksanakan oleh Intelijen Kejaksaan Negeri Barito Selatan sebanyak 1 (satu) kegiatan dengan nilai anggaran yang dikawal sebesar Rp 15.252.167.500,- (lima belas miliar dua ratus lima puluh dua juta seratus enam puluh tujuh ribu lima ratus rupiah).

Mendekati tahun politik, Jajaran Intelijen Kejaksaan Negeri Barito Selatan telah membentuk Posko Pemilu guna melaksanakan pemantauan tehadap tahapan pelaksanaan Pemilu 2024. Selain itu telah dilaksanakan penyuluhan hukum sebanyak 6 (enam) kegiatan yang terdiri dari Jaksa Masuk Sekolah dan Jaksa Menyapa dengan jumlah peserta sebanyak 500 (lima ratus orang) orang, disisi lain Intelijen Kejaksaan Negeri Barito Selatan telah melaksanakan kegiatan Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) sebanyak 1 (satu) kegiatan.

Bidang Tindak Pidana Umum. Jumlah perkara yang berhasil diselesaikan dengan pendekatan keadilan restoratif sebanyak 2 (dua) perkara yaitu perkara pencurian. Sebagai bentuk optimalisasi penerapan keadilan restoratif dalam penanganan atau penyelesaian perkara, saat ini telah dibentuk pula 20 (dua puluh) Rumah Restorative Justice, di samping itu, jumlah penanganan tindak pidana umum pada jajaran Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Barito Selatan yang diselesaikan sepanjang tahun 2023 dengan rincian per tahapan yaitu Pra Penuntutan sebanyak 105 (seratus lima) perkara, Penuntutan sebanyak 102 (seratus dua) perkara dan Upaya Hukum Eksekusi sebanyak 101 (seratus satu) perkara.

Bidang Tindak Pidana Khusus. Jumlah penyelidikan sebanyak 3 (tiga) perkara, dimana 1 (satu) perkara telah masuk pada tahap penyidikan yaitu dugaan tindak pidana korupsi berupa manipulasi perjalanan dinas dan belanja dinas dalam laporan pertanggung jawaban keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Selatan tahun 2020 s/d tahun 2022, selain itu pada tahun 2023, bidang tindak pidana khusus juga menyelesaikan 1 (satu) tunggakan penyidikan terkait Penyalahgunaan Keuangan Dana Hibah Kegiatan MTQ ke XXX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2020 di Buntok Kabupaten Barito Selatan, disisi lain juga terdapat pemulihan keuangan negara di tahun 2023 dengan jumlah total Rp. 438.491.920,- (Empat ratus tiga puluh delapan juta empat ratus sembilan puluh satu ribu sembilan ratus dua puluh rupiah)

Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara  telah memberikan Layanan Informasi dan Pelayanan Hukum Gratis sebanyak 12 (dua belas) kegiatan, Pertimbangan Hukum sebanyak 8 (delapan) kegiatan dan telah melaksanakan MoU dengan Pemkab dan desa-desa se-Kabupaten Barito Selatan sebanyak 49 (empat puluh sembilan) MoU, selain itu terdapat pemulihan keuangan negara sejumlah Rp. 585.538.909, (lima ratus delapan puluh lima juta lima ratus tiga puluh delapan ribu sembilan ratus sembilan rupiah, Hal yang membanggakan pada akhir tahun ini bidang Perdata dan Tata Usaha Negara mendapatkan penghargaan terbaik 2 (dua) se-Kalimantan Tengah dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Bidang Barang Bukti dan Barang Rampasan. Pada tahun 2023 telah dilaksanakan pemeliharaan dan pemusnahan barang bukti terhadap perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, diantaranya barang bukti narkotika, pencurian, senjata tajam dsb, selain itu pada tahun 2023 juga telah dilaksanakan penyelesaian barang bukti sitaan/rampasan sejumlah 75 (tujuh puluh lima) perkara

Selain itu Kejaksaan Negeri Barito Selatan juga menyetorkan PNBP dengan jumlah total Rp. 394.764.208,- (tiga ratus sembilan puluh empat juta tujuh ratus enam puluh empat ribu dua ratus delapan rupiah) yang berasal dari tilang, lelang barang bukti, maupun lainnya.

Yusuf Sumalong, S.H selaku Kepala Kejaksaan Negeri Barito Selatan menegaskan bahwa capaian kinerja di tahun 2023 merupakan momentum untuk melakukan refleksi atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan.

“Selain itu capaian tersebut juga menjadi pelecut semangat untuk dapat meningkatkan kinerja Kejaksaan Negeri Barito Selatan di tahun 2024 “, Pungkas Kajati. (Tim TM Barsel /Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakPemkab Barsel Gelar Apel Besar
Artikulli tjetërKetua DPK Partai Keadilan dan Persatuan Polisikan Ketua KPU Bartim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini