DPRD Kotim Minta Para Nelayan Waspada, Begini Penjelasannya …???

0
128

Sampit /// tabloidmilitan.com
Adanya himbauan dari Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah kepada warga masyarakat khususnya para nelayan dan masyarakat yang berdiam di pesisir pantai, agar waspada saat berlayar, lantaran gelombang laut saat ini disebutkan mulai tinggi di wilayah perairan Laut Jawa.

Menanggapi hal ini Anggota DPRD Kotawaringin Timur H. Bunyamin juga kembali turut meminta dan menyarankan agar masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan tersebut diwilayah Dapil III khususnya untuk lebih waspada dan juga berhati-hati ketika ingin melaut sebagaimana himbauan dari BMKG setempat.

“Pihak BMKG sudah memberikan himbauan untuk waspada, itu artinya para nelayan juga harus mengindahkan apa yang disampaikan oleh ahli cuaca kita, jangan sampai lalai maupun memaksakan diri untuk melaut,” ungkapnya Selasa (11/01/2022).

Legislator Partai PAN ini juga menjelaskan, ketinggian gelombang seperti yang disampaikan oleh BMKG memang masih dalam kategori yang tidak terlalu tinggi, lantaran hanya mencapai 0,4 meter hingga 1 meter, namun menurutnya potensi gelombang semakin besar bisa saja terjadi setiap saat.

“Apalagi masyarakat nelayan kita ini kebanyakan beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan yang berskala kecil, jadi sangat riskan atau sangat beresiko tinggi kalau di paksakan untuk melaut,” timpalnya.

Disamping itu menurutnya cuaca saat ini relatif tidak stabil ataupun sedang dalam masa-masa ekstrim, sehingga harus diwaspadai oleh semua lapisan masyarakat.

“Siang kemarin saja gelap-gulita, hujan dan Guntur disertai petir, ditambah lagi informasi yang disampaikan oleh BMKG juga tentunya sangat patut kita untuk berhati-hati dalam beraktivitas,” tutupnya. (Tim TM Kotim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here