Gerakan Sosial Peduli Lingkungan Mahasiswa UMM Bersama Ibu-ibu PKK Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk.

0
658

Mahasiswa UMM melakukan gerakan Sosial Peduli Lingkungan Bersama Ibu-ibu PKK Desa Jatirejo Kecamatan Pakisaji dalam mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk.

Malang, www.tabloidmilitan.com.                          Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Ibu PKK Desa Pakisaji, Malang, Jawa Timur, berkolaborasi membuat kompos dari sampah organik. Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah yang ada di desa tersebut. Kegiatan ini dilakukan disalah satu rumah warga. Selasa, (2/1/2024)

Sebelumnya Mahasiswa UMM telah melakukan sosialisasi dengan Ibu PKK dan warga sekitar tentang bagaimana mengolah dan memanfaatkan sampah pada kegiatan sebelumnya pada pertengahan Desember 2023 lalu.

Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi sampah tersebut, maka Mahasiswa dari UMM dan Ibu-ibu PKK saling bahu membahu membentuk kelompok kecil yang selanjutnya tiap kelompok diberikan tugas untuk membuat kompos dari sampah organik yang telah disiapkan.

Warga Jatirejo Kecamatan Pakisaji mengumpulkan sampah organik dari rumah masing-masing, kemudian mengolahnya menjadi kompos.

“Proses pembuatan kompos dilakukan dengan cara sederhana dan cukup mudah, yaitu dengan menimbun sampah organik dalam drum. Kemudian drum tersebut ditutup dan dibiarkan selama beberapa minggu. Proses mengolah sampah menggunakan 2 botol komposer EM4 dan satu drum komposter,” jelas Crissa salah satu mahasiswi UMM.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa sampah yang sudah diolah ditunggu hingga 2-3 minggu untuk bisa digunakan.

Sementara itu ibu-ibu PKK menyambut baik gerakan sosial mahasiswa UMM dalam mengolah sampah bersama.

Mereka menilai gerakan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar. Ibu-Ibu PKK juga mengapresiasi mahasiswa UMM yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu mereka dalam mengolah sampah.

“Kami ibu-ibu PKK Desa Jatirejo Kecamatan Pakisaji sangat berterimakasih atas Gerakan sosial mahasiswa UMM dalam mengolah sampah merupakan salah satu contoh nyata dari kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan. Gerakan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat lainnya untuk ikut berperan dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar,” pungkas salah satu ibu PKK optimis. (Koresponden Crissa Febbyola Gradia Ranie Sy. Tim TM/Rabudiannoor Sy. Ikat).

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakMiras Biang Maut Perkelahian Dipasar Saik Buntok.
Artikulli tjetërHAB Kemenag, Melayani Dengan Hati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini