Jambore UMKM Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

0
1048

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                      Jakmbore UMKM dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan percepatan untuk mengatasi inflasi di Kabupaten Barito Selatan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi seperti diketahui bersama pandemi covid-19 pada 3 tahun terakhir ini sangat meluluhlantakkan perekonomian terutama usaha kecil dan menengah.

Hal itu diungkapkan Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan dalam sambutannya pada acara Jambore UMKM wilayah timur di Gedung Jaro Pirarahan Buntok, Sabtu, 9 Desember 2023. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Barito Selatan serta sejumlah pejabat lingkup Kabupaten Barito Selatan.

Dikatakan Pj. Bupati Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan memiliki kekayaan alam yang sekarang sedang giat dikembangkan yaitu nanas Parigi dengan luas lahan perkebunan lebih dari 700 hektar.

“Kita sedang berupaya untuk menjadikan potensi sumber daya alam ini menjadi produk unggulan yang dapat mengangkat Kabupaten Barito Selatan ke kancah nasional bahkan internasional melalui Nenas Parigi. Beberapa upaya telah dilakukan termasuk melakukan kaji tiru ke Kabupaten Lampung Tengah dan ke Kabupaten Lumajang dengan mengikutsertakan pelaku UMKM pengolahan makanan berbahan dasar nenas untuk membuka wawasan mereka dalam mengelola nenas supaya menjadi produk unggulan yang patut dibanggakan”, ujar Pj. Bupati.

Ditambahkan Direktur Evaluasi Kinerja Bupati Kemendagri ini, upaya lain untuk memberdayakan UMKM ini kami selalu melibatkan mereka pada setiap acara pertemuan untuk melaksanakan gelar produk dan pasar agar kuliner ataupun kerajinan UMKM lebih cepat dikenal masyarakat dan bisa menikmati keberagaman hasil olahan dan kreativitas UMKM Barito Selatan.

“Dalam kesempatan ini saya laporkan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan ruang-ruang publik bagi pelaku UMKM agar dapat terus berdaya dan dikenal luas oleh masyarakat serta mudah-mudahan dapat dibawa keluar daerah dengan menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Barito Selatan”, ucap H. Deddy. (Tim TM Barsel/ Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakUMKM Harus Didorong Agar Naik Kelas
Artikulli tjetërDiduga Kayu Log Perusahaan HPH Tabrak Jembatan Kalahien,…???

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini