IDM Desa Tampa Terjun Bebas

0
559

Bartim /// tabloidmilitan.com
IDM (Indeks Desa Membangun) Desa Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah terjun bebas, padahal tahun-tahun sebelumnya nangkring di urutan satu atau tiga besar se-Kabupaten Barito Timur.

Hal ini, diakui oleh Dubinata, Kepala Desa Tampa kepada para awak media, “Benar IDM Desa Tampa terjun bebas, dimana pada tahun 2020 lalu berada pada urutan satu se-Kabupaten Barito Timur, namun pada tahun 2021 ini, Desa Tampa justru jatuh alias terjun bebas, ungkapnya. (09/2021)

“Tahun ini, berdasarkan input penilaian IDM, kami jatuh hingga urutan tujuh se-Barito Timur, turun dratis,” akuinya lagi.

“Salah satu faktor penyebab turunnya IDM Desa Tampa, yakni akibat pada tahun 2021 ini, Pemdes Desa Tampa tidak ada menyiapkan fasilitas umum olahraga secara khusus dan pemberdayaan/pembinaan di bidang olahraga masyarakat,” ungkap Kades dua periode itu menambahkan.

Dia juga menjelaskan, lantaran dana desa TA 2020 lebih difokuskan untuk penangganan pandemi covid-19.

“Namun begitu, kami masih mengupayakan agar apa saja yang menjadi kelemahan kami di input penilaian IDM fase awal 2021 ini, diperbaiki pada fase selanjutnya, bahkan kami sudah merencanakan agar di akhir tahun ini bisa diakumodir sebagiannya,” jelasnya lagi.

Minimal, lanjutnya, akhir tahun ini ada beberapa cabang olahraga yang akan dilakukan pelatihan, seperti volly ball, bulu tangkis dan sepak bola.

“Apa saja yang menjadi input penilaian, hal itu pula yang menjadi harapan masyarakat kami, lebih-lebih para pemuda dan pemudi pengemar olah raga, dengan begitu kami berharap anak-anak muda kami bisa terhindar dari hal-hal yang negatif, seperti pergaulan benas, narkotika dan kenakalan remaja lainnya,” pungkasnya. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here