Kemenag Barsel Menerima Penyerahan Bantuan Alat Kalibrasi Arah Kiblat dari Pemda dan MoU dengan Rutan Buntok Serta Laksanakan Raker

0
1140

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                          Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan menerima penyerahan secara simbolis bantuan alat kalibrasi arah kiblat dari pemerintah daerah Kabupaten Barito Selatan dan MoU dengan Kepala Rutan Buntok terkait dengan penyuluhan dan pembinaan agama di rumah tahanan kelas 2B Buntok, Kamis 30 Mei 2024 di Aula Kemenag setempat

Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Kalteng H. Dr. Noor Fahmi, Sekda Barito Selatan Eddy Purwanto, Kepala Kemenag Barito Selatan H. Arbaja, Kepala Rutan Buntok Sinardi dan Kepala Badan Pertanahan Pertanahan Kabupaten Barito Selatan Mu’min.

Sebelumnya juga di tempat yang sama dilaksanakan kegiatan rapat kerja rencana program dan anggaran sekaligus pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Barito Selatan tahun 2024, dengan tema transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045.

Sekda Barito Selatan Eddy Purwanto kepada sejumlah wartawan usai kegiatan mengatakan, saya mewakili Bapak Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan menghadiri acara penandatanganan Memorandum of Understanding  kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan dengan Rutan kelas 2B Buntok.

Pada saat ini juga dilakukan secara simbolis penyerahan bantuan alat ukur atau kalibrasi arah kiblat. “Alhamdulillah setelah sekian lama kita berharap, tahun ini sudah terpenuhi, ada alat ukur arah kiblat tersebut. Pada prinsipnya Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan akan tetap mensupport, akan tetap membantu melalui jalur hibah apabila ada hal-hal yang sangat diperlukan untuk kepentingan keagamaan”, ujar Sekda.

Dikatakan Eddy, pada prinsipnya kami pemerintah daerah akan mendukung secara penuh program dan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Mudah-mudahan ini bisa menjadi berkah dan manfaat bagi kita semua.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah Noor Fahmi mengatakan Alhamdulillah hari ini kami hadir di Kemenag Kabupaten Barito Selatan.

Pertama menyaksikan MoU antara Kemenag Kabupaten Barito Selatan dengan rumah tahanan kelas IIB Buntok. Kemudian penyerahan bantuan alat kalibrasi pengukur arah kiblat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan. “Nah ini luar biasa perhatian dan support dari pemerintah daerah kepada Kemenag untuk membantu umat, terutama untuk pengukuran arah kiblat. Karena banyak rumah-rumah ibadah masjid atau mushola atau langgar yang tidak tepat arah kiblatnya. Ketika awal membangun itu arah kiblatnya tidak pas. Oleh karena itu kami berharap kepada petugas, penyuluh, ataupun di bidang Bimas Islam untuk melakukan pengukuran kembali dengan alat yang canggih ini, bisa pas tepat arah kiblat yang kita inginkan. Jadi sangat terbantu sekali dengan alat kalibrasi ini”, ujar Noor Fahmi.

Kemudian tambah Kakanwil, terkait dengan Rutan Buntok, kami dari Kemenag siap untuk bekerja sama guna melakukan pembinaan kepada warga binaan yang ada di rumah tahanan kelas 2B Buntok. Baik yang beragama Islam ataupun Kristen maupun Hindu, nanti diturunkan para penyuluh agama untuk memberikan sentuhan rohani kepada warga binaan. Harapannya, mudah-mudahan kembalinya atau pulangnya mereka nanti akan berubah.

Selanjutnya kata Noor Fahmi, di Kemenag Kabupaten Barito Selatan hari ini juga telah dilaksanakan rapat kerja, meskipun dilaksanakan di bulan Mei, masih ada waktu sekitar 7 bulan masa anggaran tahun 2024. Artinya tetap orientasinya untuk perencanaan yang matang sehingga nanti di akhir tahun anggaran itu betul-betul sesuai dengan perencanaan.

Sedangkan Kepala Rutan Kelas 2B Buntok Sinardi mengatakan, kami telah bekerja sama terkait pembinaan kepribadian warga binaan dalam rangka pemenuhan hak-hak warga binaan di Rutan Buntok. Akan memberikan pelayanan pembinaan kepribadian bersama dengan Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan, untuk melaksanakan pesantren bagi yang beragama Islam dan pelayanan ibadah bagi warga binaan yang beragama Kristen serta agama Hindu.

“Sinergi yang kita lakukan antara Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan dengan Rutan Buntok Insya Allah akan berjalan sesuai dengan harapan kita, dan sinergi ini akan terus berjalan dan berharap demi untuk kemajuan pembinaan terhadap warga binaan, dan nantinya warga binaan kami kembali kepada masyarakat membawa ilmu yang diperoleh berkat bimbingan dari Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan”, ujar Sinardi. (Tim TM Barsel/R. SY Ikat).

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakBLT Desa Muara Talang Telah Tersalurkan, Ini Pesan Kadesnya…!!!
Artikulli tjetërSertijab Camat Gunung Bintang Awai dari Yust Ellgoland kepada Armadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini