Wakil Gubernur Bersama Pj. Bupati Panen Raya Padi di Desa Damparan

0
1076

Buntok. www.tabloidmilitan.com.                            Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo bersama Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dan Forkopimda melakukan panen raya padi di Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan, Selasa 12 September 2023.

Wakil Gubernur H. Edy Pratowo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Barsel karena hampir 4 bulan menjalankan satu tugas menghantarkan Kabupaten Barito Selatan.

“Daerah ini sebagai daerah sentra produksi pertanian. Yang tadinya amanah dari bapak Presiden dan Wakil Presiden bagaimana kita memperkuat ketahanan pangan. Melalui program food Estate nya di Barito Selatan hari ini dibuktikan masyarakatnya bisa panen padi. Hari ini meskipun musim kemarau telah tiba tapi panennya tepat waktu dan kita melihat hamparan padi bisa dipanen semua Desa Damparan ini”, ujar Wakil Gubernur.

Dikatakannya, saya juga ingin menyampaikan program dalam rangka ketahanan nasional, khususnya di Barito Selatan ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Bapak Gubernur Kalteng selalu mengingatkan dalam situasi yang sulit dalam kondisi negara saat ini karena masih dipengaruhi oleh kondisi global. Maka ketahanan pangan menjadi sangat penting.

Pj. Bupati Barsel H. Winarwan dalam sambutannya mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa pertanian adalah salah satu pilar utama ekonomi dan hari ini, kita bersama-sama melakukan panen raya padi di salah satu lokasi food estate Kabupaten Barito Selatan. Panen padi yang kita peroleh hari ini adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, dan dedikasi petani-petani kita yang luar biasa.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang setiap hari bekerja di bawah terik matahari dan hujan, menjaga tanaman dengan penuh kasih sayang, dan memastikan pasokan pangan yang cukup untuk masyarakat kita. Food estate ini adalah salah satu aset berharga kita. Ini bukan hanya tempat di mana kita menghasilkan makanan, tetapi juga sumber mata pencaharian dan kehidupan bagi masyarakat. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan mengelola food estate ini dengan bijak. Keberhasilan panen padi ini adalah bukti bahwa kita dapat mencapai hasil luar biasa ketika kita menjaga alam dan sumber daya alam kita”, ujar Pj. Bupati.

Ditambahkan Pj. Bupati, food estate seringkali menjadi bagian dari strategi pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan pangan penduduk.

Sekali lagi, terima kasih kepada semua yang hadir hari ini. Mari kita jaga dan kembangkan food estate ini untuk kebaikan generasi mendatang. Selamat merayakan hasil panen padi yang luar biasa ini.

Luas sawah Desa Damparan 444,81 Hektar, dan target tanam pada Musim Tanam ASEP (April – September) 2023 adalah 200 hektar. Luar hamparan yang dipanen 195 Ha dan telah dilakukan panen oleh poktan seluas 67 Ha, sehingga yang akan dipanen128 Ha dengan varietas Inpari dan pada hari Sabtu tanggal 9 September 2023 dilakukan ubinan bersama-sama BPS diperoleh hasil Produktivitas 6,4 Ton/Ha. Ini sudah menunjukkan hasil yang sangat bagus. Dan kami laporkan juga pada pertanaman hamparan ini terdapat 2 hektar padi nutrizinc yang akan dikembangkankan dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten Barito Selatan. (Tim TM Barsel /Saprudin /Rediansyah SY Ikat /LSM Senator 2000)

- Advertisement -
Tabloid Militan
Tabloid Militan
Developer: Idmstore
Price: Free
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
  • Tabloid Militan Screenshot
Artikulli paraprakDiharapkan Akan Lahir Atlet Voli Hebat
Artikulli tjetërDua Tersangka Pengrusakan di Mess PT KMP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini