Kades Tuyau Bocorkan Rahasia Desa

0
192

Bartim /// tabloidmilitan.com
Kades (Kepala Desa) Tuyau Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, bocorkan rahasia desa terkait pelaksanaan program kerja desanya.

Hal itu disampaikan oleh Markati, S.Pd, MM, Kades Tuyau kepada awak media, “Pemdes Tuyau dalam setiap kegiatan program selalu berpatokan pada kitab Desa Tuyau yang selalu berubah-rubah setiap tahunnya, srbagai acuan dalam pelaksanaan program pembangunan desa” ungkapnya.

“Adapun kitab Desa Tuyau yang selalu berubah-rubah setiap tahunnya adalah APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa), yang ditetapkan melalui Musrenbang bersama BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ketua RT dan RW, juga masyarakat lainnya,” kata mantan anggota DPRD Kabupaten Barito Timur periode 2014-2019 menjelaskan.

Markati juga menjelaskan kalau di dalam APBDes tertuang peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun.

“Tiga hal yang mendasar dalam APBdes terdiri atas bagian pendapatan desa, belanja desa, dan pembiayaan,” jelasnya lagi.

“Nah dengan berpatokan pada APBDes itulah kami berusaha semaksimal mungkin menekan pelanggaran-pelanggaran atau penyimpangan-penyimpangan penggunaan anggaran setiap tahunnya,” pungkasnya ramah. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Rabudiannoor Sy. Ikat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here