Ketua DPRD Kotim Minta Karang Taruna Bisa Lebih Produktif Lagi

0
206

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Karang Taruna sejatinya adalah wadah bagi para pemuda, terutama pada wilayah akar rumput untuk berinovasi dan berkreativitas, lantaran hal itu Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah, Dra. Rinie Anderson meminta kepada seluruh kader karang taruna yang masih aktif di daerah ini agar dapat terus produktif atau kreatif memberikan dukungan dari sisi sosial atas program kerja pemerintah daerah.

“Kami di lembaga DPRD tentunya terus mendorong semangat para pemuda kita untuk berinovasi menelurkan usaha ekonomi produktif danbatau ekonomi kreatif dalam berbagai bidang. Terutama di tingkat pedesaan, agar daerah kita ini bisa menjadi contoh dalam hal meningkatkan sosial dan ekonomi kemasyarakatan” ungkap Rinie Anderson kepada awak media, Jumat (22/04/2022).

Politisi PDIP ini juga menjelaskan, pihaknya selaku wadah menampung aspirasi masyarakat, siap mendorong serta memberikan pembinaan kepada Karang Taruna, agar dapat terus menjalankan ekonomi produktif atau ekonomi kreatif.

“Kami ingin Karang Taruna di daerah kita ini berkembang dengan memiliki usaha sendiri. Hal tersebut tentunya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum. Untuk itu perlu adanya peningkatan produktivitas didalam internal karang taruna itu sendiri,” timpalnya.

Dia juga menegaskan, sebagai organisasi kepemudaan di bawah binaan Dinas Sosial (Dinsos), yang telah diamanatkan oleh Permensos Nomor 25, bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk generasi muda.

“Para generasi kita melalui karang taruna, harus berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Sedangkan yang harus kita pahami yakni pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan dan pemberian kewenangan kepada karang taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial,” tandasnya.

Terlebih menurutnya pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial dan teknologi, merupakan suatu keharusan bagi kaum muda-mudi dalam meningkatkan kreatifitas, mutu dan kualitas diri.

“Sehingga dengan semua itu, timbal baliknya untuk pemerintah daerah dapat merasakan dampak positif dari keberadaan karang taruna itu sendiri. Disisi lain kita pun perlu memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah melalui karang taruna ini,” pungkas Rinie. (Tim TM Kotim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here