DPRD Kotim Tepati Janji Fasilitasi Aliansi Masyarakat Sampaikan 9 Tuntutan Ke DPRD Provinsi Kalteng

0
158

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Menepati janjinya, pada saat melakukan audensi dengan Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Kotim pada Senin (11/04/2022), yang berkesimpulan akan menindaklanjuti 9 (sembilan) aspirasi atau tuntutan ke DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Kota Palangka Raya, maka DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama beberapa beberapa orang perwakilan aliansi bertolak menemui DPRD provinsi tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kotim kepada awak media, Rimbun, ST setelah turut mendampingi dan memfasilitasi pertemuan dengan jajaran Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diantaranya Drs. Yohanes Freddy, Ketua Komisi I dan Kuwu Senilawati, Wakil Ketua Komisi I, di Palangka Raya, Selasa (12/04/2022).

“Penyampaian aspirasi Aliansi Masyarakat yang tergabung dari mahasiswa Kotim kepada DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, kami menjalankan tugas dan fungsi kami di lembaga dewan kabupaten, kami hanya memfasilitasi pertemuan dan penyerahan aspirasi yang berisi sebanyak 9 poin tuntutan itu kepada Ketua Komisi I DPRD Provinsi,” jelas Rimbun.

Sementara itu Koordinator Aliansi Masyarakat Kotim, Burhan Nurrohman juga menyampaikan, dari hasil audensi sekaligus penyampaian tuntutan kepada pihak DPRD Provinsi hari ini, pihaknya melakukan penekanan terhadap beberapa poin yang harus disampaikan ke pemerintah pusat dan di bahas di pemerintah daerah, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.

“Sempat melakukan audensi juga dengan pihak komisi I DPRD Kalteng, disitu kami menegaskan bahwa tuntutan kami ini murni dari hasil forum diskusi dan tidak ada unsur kepentingan apapun atau ditunggangi oleh siapapun,” tegas Burhan mengungkapkan.

Burhan juga menyampaikan pihaknya merasa puas dengan bentuk pelayanan para wakil rakyat di daerah meskipun hanya melalui sambutan dengan cara melakukan audensi.

“Poin intinya adalah tuntutan kami ini nantinya kami harap dapat ditindaklanjuti, karena telah dikaji secara komprehensif dan substantif, dan yang terpenting adalah tindak lanjutnya hingga ke pemerintah pusat melalui DPR RI,” tandasnya.

Sementara itu, Fredy Ering selaku ketua Komisi I DPRD Kalteng juga mengapresiasi perjuangan dan semangat mahasiswa asal Kotim yang dinilai gigih dalam memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat Kotawaringin Timur itu sendirii.

“Ini baru yang pertama kali melakukan audiensi se-Kalteng. Ini masih kita tunggu dahulu dari daerah lain, apakah akan ada lagi audiensi dan tuntutan. Tentu tuntutan dari mereka (Kotim) sangat baik dan itu memang harus diperjuangkan,” kata Ering.

Sementara itu di tempat yang sama, Kuwu Senilawati juga menyampaikan hal senada, menurutnya apa yang telah disampaikan oleh mahasiswa Kotim terkait dengan isue dan dinamika yang saat ini terus berkembang perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Semua poin tuntutan atau aspirasi, baik itu poin terkait harga BBM, kenaikan PPN, kelangkaan dan kenaikan harga sembako serta pemindahan ibu kota memang harus disuarakan, karena negara kita adalah negara demokrasi,” tutup Kuwu. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here