Jadikan Kotim Lumbung Pangan, Pemda Perlu Ciptakan SDM Handal & Profesional

0
209

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Salah satu program unggulan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor-Irawati adalah sektor pertanian, karena selain untuk ketahanan pangan, sektor pertanian juga diharapkan mampu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Bahkan program unggulan sektor pertanian itu diharapkan bisa menjadi lumbung pangan terutama bagi masyarakat di daerah tersebut. Dalam upaya mendukung program disektor pertanian tersebut, Anggota DPRD setempat, Parimus, SE berharap pemda setempat harus menciptakan sumber daya manusia (SDM) di bidang pertanian agar profesional dan siap bekerja nantinya.

“Karena supaya program tersebut bisa berjalan lancar dan maksimal tentu memerlukan SDM yang memadai bahkan berkompeten di bidangnya. Jadi dalam hal ini pemda harus mampu menciptakan SDM profesional,” ungkap Parimus kepada awak media, Sabtu (09/04/2022).

Politisi Partai Demokrat ini juga menyarankan agar Pemkab Kotim harus bisa menyiapkan SDM handal sejak dini, sehingga kedepannya pembangunan di sektor pertanian bisa berjalan lancar serta optimal, dengan harapan apa yang telah menjadi tujuan atau target, dapat terwujud.

“Solusinya pemerintah kita harus menyiapkan SDM handal dan profesional di bidang pertanian, dengan mendorong peningkatan pendidikan untuk tingkat atas khususnya SMK, dengan membekali siswa tentang kompetensi pengetahuan, keilmuan, dan keterampilan mengenai pengembangan dan teknologi pertanian mengikuti perkembangan modern saat ini,” timpalnya menyarankan.

Dia juga menyampaikan, setiap sekolah yang memiliki jurusan bidang pertanian juga diharapkan wajib menerapkan sistem pendidikan dengan disiplin tinggi agar setiap lulusan setiap tahunnya mampu bersaing terutama terkait pengetahuan pada sektor pertanian itu sendiri.

“Peluang untuk itu sangat besar sekali, sebab kotim ini sendiri tengah gencar-gencarnya membangun sektor pertanian dan harapan kita setiap lulusan sekolah tingkat atas khususnya SMK bisa memiliki kopetensi akan hal ini,” pungkasnya. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here