Komisi II DPRD Kotim Minta Pemda Tingkatkan Sektor Ketahanan Pangan Daerah

0
134

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Juliansyah T., S.Sos mengharapkan agar pihak pemerintah daerah mendorong dinas teknis terkait untuk terus meningkatkan sektor ketahanan pangan, karena menurutnya sejauh ini sektor ketahanan pangan di daerah setempat masih banyak kendala sehingga perlu adanya evaluasi lebih jauh dan intens lagi.

“Kami sangat berharap pemerintah daerah dapat mendorong para petani kita baik dari sisi anggaran sampai pada SDM (Sumber Daya Manusia), supaya perkembangan ketahanan pangan terus bisa meningkat dari waktu ke waktu, terutama untuk memenuhi kebutuhan lokal Kotim sendiri,” ungkap Juliansyah kepada awak media, Kamis (14/04/2022).

Legislator Partai Gerindra ini juga menegaskan, perlu adanya dukungan pemerintah daerah baik berupa anggaran untuk penyediaan bibit di bidang ketahanan pangan itu sendiri, agar daerah Kotim mampu bertahan ditengah kondisi perekonomian pada masa pandemi covid19 sekarang ini tidak stabil, bahkan cenderung terpuruk.

dari pemerintah daerah saja, petani kita pun harus lebih profesional, sampaikan kendalanya, dan pilih item yang harus dan wajib dibantu pemerintah secara baik dan tepat, selama ini kita lihat selalu bibit, pupuk dan juga lokasi, atau lahan, tetapi kita tidak berbicara pada SDM kita, apakah sudah kompeten atau belum di bidangnya,” tegasnya.

Dia juga berharap kedepanya, daerah  Kotim bisa menjadi lumbung ketahanan pangan di berbagai sektor. Bahkan tidak memenuhi kebutuhan lokal akan tetapi bisa melakukan ekspor untuk lokal daerah, nasional bahkan internasional.

“Kalau semua pihak serius, baik pemerintah daerah, instansi teknis dan juga para petani serius dan tertata kelola dengan baik, apa yang mustahil, potensi daerah ini banyak, dan kebutuhan akan bahan pokok, khususnya sektor pertanian, peternakan, dan perikanan kita sebenarnya mampu untuk itu,” tutupnya. (Tim TM Kotim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here