Tingkatkan PAD Kotim, Legislator Ini Minta BUMD Dimaksimalkan

0
210

Sampit, www.tabloidmilitan.com
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, H. Suprianto, SE. MM menilai dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tentunya, selama ini BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) hanya mengandalkan dari satu atau dua bidang saja, akan tetapi harus dimaksimalkan mencari berbagai potensi yang ada di daerah ini, terutama yang memiliki nilai jual tinggi, berbagai bidang atau sektor lainnya.

“Kita bicara terkait bagaimana meningkatkan PAD, tetapi disisi yang lain justru pergerakan BUMD kita terbilang mati suri. Untuk itu kami mendorong BUMD tersebut benar-benar dihidupkan secara maksimal dengan begitu potensi PAD daerah pun akan terdongkrak maksimal,” ungkapnya kepada awak media, Jumat (08/04/2022).

Politisi Partai PKS ini juga menekankan, pihaknya di Komisi II tentunya akan terus mengawal pergerakan BUMD agar nantinya bisa berjalan maksimal untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Sebenarnya banyak yang bisa dijadikan PAD, hanya saja perlu regulasi dan harus bernaung di BUMD supaya bisa maksimal dimanfaatkan dan juga managemennya bisa baik, namun saat ini kita ingin BUMDnya dulu yang dievaluasi,” timpalnya.

Dia juga mengambarkan kalau selama ini penghasilan daerah didatangkan dari sektor pajak dan PDAM, namun yang terbaru pemerintah daerah ingin meningkatkan penghasilan dengan cara mengelola sampah di Kotim ini. Hal ini menurutnya langkah yang tepat agar daerah tidak selalu bergantung pada Dana Bagi Hasil (DBH) saja.

“Jumlah Dana Bagi Hasil (DBH) kita cukup tinggi sekali, artinya langkah untuk mencari nilai diluar penghasilan daerah yang ada saat ini sangat diperlukan, rencana pengolahan sampah dan membangun pabrik untuk briket itu patut kita apresiasi,” pungkasnya semangat. (Tim TM Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here